Pengaruh Variabel Ekonomi Makro terhadap Pertumbuhan Total Asset Perbankan Syariah di Indonesia

kurniawan, Iwan (2022) Pengaruh Variabel Ekonomi Makro terhadap Pertumbuhan Total Asset Perbankan Syariah di Indonesia. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_171420081_Cover.pdf

Download (105kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_171420081_Lampiran Depan.pdf

Download (483kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_171420081_BAB I.pdf

Download (249kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PBS_171420081_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (253kB)
[img] Teks
S_PBS_171420081_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (216kB)
[img] Teks
S_PBS_171420081_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (512kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_171420081_BAB V.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_171420081_Daftar Pustaka.pdf

Download (954kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Total asset bank syariah di Indonesia memang masih tergolong kecil jika dibandingkan dengan bank konvensional. Padahal mayoritas penduduk warga Negara Indonesia adalah muslim. Jika dilihat dari statistik perbankan syariah (SPS) total asetnya pada tahun tertentu masih mengalami naik turun atau berfluktuasi. Besar kecilnya total asset yang dihimpun oleh perbankan syariah tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik eksternal atau faktor internal. Berdasarkan latar belakang dan mengacu pada judul diatas, maka penulis tertarik untuk meneliti faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan total aset perbankan syariah di Indonesia yaitu Variabel Ekonomi Makro dengan perumusan masalah 1) Apakah Produk Domestik Bruto (PDB) berpengaruh terhadap pertumbuhan total aset Perbankan Syariah? ; 2) Apakah Inlasi berpengaruh terhadap pertumbuhan total aset Perbankan Syariah? ; 3) Apakah BI Rate berpengaruh terhadap pertumbuhan total aset Perbankan Syariah? ; Apakah PDB, Inflasi & BI Rate berpengarh bersama-sama terhadap pertumbuhan total aset Perbankan Syariah ?. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui pengaruh PDB terhadap pertumbuhan total asset Perbankan Syariah. 2). Untuk mengetahui pengaruh Inflasi terhadap pertumbuhan total asset Perbankan Syaiah. 3) Untuk mengetahui pengaruh BI Rate terhadap pertumbuhan total asset Perbankan Syariah. 4) Untuk mengetahui pengaruh PDB, Inflasi & BI Rate terhadap pertumbuhan total aset Perbankan Syariah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yaitu serangkaian observasi (pengukuran) yang dapat dinyatakan dalam angka-angka atau data kualitatif yang diangkakan. Data kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari sumber resmi yaitu www.bps.go.id, www.bi.go.id dan www.ojk.go.id. Kesimpulan dari penelitian ini Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka kesimpulan yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1) Variabel Produk Domestik Bruto (PDB) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan total asset perbankan syariah di Indonesia. 2) Variabel Inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan total asset perbankan syariah di Indonesia. 4) Sedangkan variabel BI Rate berpengaruh positif akan tetapi tidak signifikan terhadap pertumbuhan total asset perbankan syariah di Indonesia. 4) Hasil uji simultan menunjukan bahwa Variabel PDB, Inflasi dan BI Rate berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan total aset perbankan syariah di Indonesia.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Produk Domestik Bruto (PDB), Inflasi, BI Rate, Aset Perbankan Syariah
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 24 Nov 2022 04:42
Perubahan Terakhir: 24 Nov 2022 04:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10446

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.