Pratiwi, Ajeng (2022) Pembinaan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dalam Mengatasi Buta Aksara di TPA AN-Nida di Desa Rancaiyuh - Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210003_Cover.pdf Download (225kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210003_Lampiran Depan.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (809kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210003_BAB I.pdf Download (380kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210003_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (702kB) |
||
Teks
S_PAI_171210003_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (360kB) |
||
Teks
S_PAI_171210003_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (525kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210003_BAB V.pdf Download (157kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210003_Daftar Pustaka.pdf Download (143kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan kemampuan membaca Al-Qur’an dalam mengurangi buta aksara menggunakan metode dasar huruf hijaiyah di TPA AN-Nida tangerang, memperkenalkan hurufhuruf hijaiyah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. latarbelakang penelitian ini adalah masih banyaknya anak-anak yang belum mengenal hurufhuruf hijaiyah karena siswa belum menguasai pembelajaran saat kegiatan pengajian di ruang kelas mengaji. Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan berupa kata-kata tertulis atau lensa dari orang-orang yang diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman, pengenal mengenai huruf hijaiyah pada saat kegiatan pembelajaran mengaji. Pada akhir pembelajaran diperoleh deskripsi penggunaan alat peraga dalam pengenalan huruf-huruf hijaiyah, ada tiga langkah yaitu 1) Guru Mendemonstrasikan langkah alat peraga yang sudah disiapkan, menyampaikan satu persatu huruf-huruf hijaiyah. 2) Beberapa siswa diminta maju ke depan untuk menyebutkan huruf hijaiyah yang diberikan guru menggunakan alat peraga yang sama. Proses ini dilakukan lebih dari sekali. 3) alat peraga digunakan pada saat pembelajaran mengaji dimulai, guru mendampingi siswa pada saat kegiatan berlangsung. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengenalan huruf-huruf hijaiyah pada fase awal sangatlah penting. sebelum membaca Al-Qur’an sangat dibutuhkan pemahaman mengenai huruf-huruf hijaiyah agar membaca serta melapalkannya lebih paseh dan baik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pembinaan Al-Qur’an, Buta Aksara |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 15 Nov 2022 03:00 |
Perubahan Terakhir: | 15 Nov 2022 03:00 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10203 |
Actions (login required)
Lihat Item |