Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMAN 8 Kota Serang

Rosmayanti, Melina (2022) Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMAN 8 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250006_Cover.pdf

Download (108kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_MPI_181250006_Lampiran Depan.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (638kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250006_Bab I.pdf

Download (271kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_MPI_181250006_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (371kB)
[img] Teks
S_MPI_181250006_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (248kB)
[img] Teks
S_MPI_181250006_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (231kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250006_Bab V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250006_Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen perencanaan ekstrakurikuler pramuka, Pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka, dan Evaluasi ekstrakurikuler pramuka terhadap kedisiplinan siswa. Manajemen berarti kepemimpinan terhadap suatu kelompok guna mencapai tujuan untuk membimbing siswa dalam mengembangkan potensi dan bakat yang ada dalam dirinya melalui kegiatan wajib maupun pilihan yang beragam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis studi kasus dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMAN 8 Kota Serang sudah dilakukan dengan baik melalui pembentukan rencana waktu, merencanakan program ekstrakurikuler pramuka, pelaksanaan ekstrakurukuler pramuka yang kegiatan rutin tiap minggu pada hari kamis pukul 14.00-17.00 wib. Dan telah diikuti oleh siswa dan siswi kelas X, XI, dan XII. Faktor pendukung kedisiplinan siswa dalam kegiatan Ekstrakurikuler meliputi guru, peraturan (tata tertib), dan hukuman. Faktor pendukung kedisiplinan siswa dalam kegiatan Pramuka mencakup pembina, peraturan, dan hukuman. Faktor penghambat kedisiplinan siswa dalam kegiatan Ekstrakurikuler serta kegiatan ekstrakurikuler Pramuka adalah teman yang tidak disiplin. Siswa memiliki kesadaran ketika tidak disiplin yang dibuktikan dengan sikap jujur dan berani mengakui. Kesadaran siswa dipengaruhi oleh guru dan pembina Pramuka yang membiasakan disiplin serta adanya hukuman.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Manajemen, Ekstrakurikuler Pramuka, Kedisiplinan Siswa
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Nov 2022 03:30
Perubahan Terakhir: 15 Nov 2022 03:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10181

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.