Model Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Isyroqul Hidayah Cibadak Kabupaten Tangerang

Maliha, Elis (2022) Model Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Isyroqul Hidayah Cibadak Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210063_Cover.pdf

Download (86kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210063_Lampiran Depan.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (758kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210063_Bab I.pdf

Download (249kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210063_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (559kB)
[img] Teks
S_PAI_181210063_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (218kB)
[img] Teks
S_PAI_181210063_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (318kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210063_Bab V.pdf

Download (158kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210063_Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Model Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Isyroqul Hidayah, 2) Untuk mengetahui Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat proses pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Isyroqul Hidayah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: peneliti menggunakan analisis data SWOT dan Langkah-langkah analisisnya meliputi: Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang), dan Threat (Ancaman). Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran tahfidz Al-Qur’an yang diterapkan di Pondok Pesantren Isyroqul Hidayah Cibadak Kabupaten Tangerang menggunakan metode yang bervariasi, akan tetapi metode yang paling dominan diterapkan adalah metode sima’i dan metode muraja’ah. Waktu yang digunakan dalam metode ini sebelum dimulainya kegiatan belajar mengajar di kelas. Ada beberapa yang menjadi faktor pendukung dalam pembelajran tahfidz Al-Qur’an yaitu usia santri dalam belajar, kecerdasan, dan lingkungan yang mendukung. Dan yang menjadi faktor penghambat dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an adalah faktor psikis siswa dan kadang juga disebabkan oleh pengajar itu sendiri yang kurang variatif dan menarik dalam belajar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur’an, Pondok Pesantren
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 16 Nov 2022 03:42
Perubahan Terakhir: 16 Nov 2022 03:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10102

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.