Maliha, Elis (2022) Model Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Isyroqul Hidayah Cibadak Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210063_Cover.pdf Download (86kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210063_Lampiran Depan.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (758kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210063_Bab I.pdf Download (249kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210063_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (559kB) |
||
Teks
S_PAI_181210063_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (218kB) |
||
Teks
S_PAI_181210063_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (318kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210063_Bab V.pdf Download (158kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210063_Daftar Pustaka.pdf Download (224kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Model Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Isyroqul Hidayah, 2) Untuk mengetahui Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat proses pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Isyroqul Hidayah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: peneliti menggunakan analisis data SWOT dan Langkah-langkah analisisnya meliputi: Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang), dan Threat (Ancaman). Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran tahfidz Al-Qur’an yang diterapkan di Pondok Pesantren Isyroqul Hidayah Cibadak Kabupaten Tangerang menggunakan metode yang bervariasi, akan tetapi metode yang paling dominan diterapkan adalah metode sima’i dan metode muraja’ah. Waktu yang digunakan dalam metode ini sebelum dimulainya kegiatan belajar mengajar di kelas. Ada beberapa yang menjadi faktor pendukung dalam pembelajran tahfidz Al-Qur’an yaitu usia santri dalam belajar, kecerdasan, dan lingkungan yang mendukung. Dan yang menjadi faktor penghambat dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an adalah faktor psikis siswa dan kadang juga disebabkan oleh pengajar itu sendiri yang kurang variatif dan menarik dalam belajar.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur’an, Pondok Pesantren |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 16 Nov 2022 03:42 |
Perubahan Terakhir: | 16 Nov 2022 03:42 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10102 |
Actions (login required)
Lihat Item |