Nurullita, RT. Dewi (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Khulafur Rasyidin (Studi di MTs Negeri 1 Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_152102109_COVER.pdf Download (102kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_152102109_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (429kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_152102109_BAB 1.pdf Download (350kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_152102109_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (409kB) |
||
Teks
S_PAI_152102109_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
Teks
S_PAI_152102109_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (752kB) |
||
|
Teks
S_PAI_152102109_BAB V.pdf Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_152102109_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komik, mendeskripsikan hasilvalidasi produk media berbasis komik dan mengetahui kelayakan penggunaan media pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Khulafaur Rasyidin tokoh Khalifah Abu Bakar as-shiddiq kelas VII MTs Negeri 1 Serang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. Penelitian menggunakan tujuh langkah sebagai berikut : identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk. teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Serang yang berjumlah 34 siswa. Penelitian dan pengembangan menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis komik yang layak digunakan berdasarkan penilaian dari ahli materi memperoleh penilaian 90% ahli media memperoleh penilaian 84% , ahli pembelajaran SKI atau guru bidang studi memperoleh penilaian 86% , dan penilaian dari peserta didik memperoleh penilaian 89%. Berdasarkan hasil uraian di atas maka produk yang dikembangkan peneliti layak digunakan dalam pembelajaran.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran, Komik |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 16 Nov 2022 04:19 |
Perubahan Terakhir: | 16 Nov 2022 04:19 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10085 |
Actions (login required)
Lihat Item |