Maltufah, Maltufah (2022) Pola Pembelajaran Karakter di Pondok Pesantren Daarul Falah Ciloang Kota Serang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_152102024_COVER.pdf Download (108kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_152102024_LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf Download (535kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_152102024_BAB I.pdf Download (306kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_152102024_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (442kB) |
||
Teks
S_PAI_152102024_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (106kB) |
||
Teks
S_PAI_152102024_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (214kB) |
||
|
Teks
S_PAI_152102024_BAB V.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_152102024_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Skripsi yang membahas tentang pola pembelajaran karakter di pondok pesantren ini dilatarbelakangi oleh keresahan peneliti mengenai pendidikan karakter dimana pendidikan karakter dinegara kita ini sedang mengalami krisis dan moral. Kondisi krisis dan moral ini menandakan bahwa seluruh pengetahuan agama dan moral yang didapatkannya dibangku sekolah ternyata tidak berdampak terhadap perubahan prilaku manusia. Tujuan yang diteliti ialah untuk mengetahui pola pembelajaran karakter di pondok pesantren Daarul Falah Ciloang-Kota Serang Banten dan untuk mengetahui apasaja nilai-nilai karakter yang ditanamkan oleh pondok pesantren Daarul FalahCiloang-Kota Serang Banten Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Kegiatan pokok dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis secara intensif tentang pola pembelajaran karakter di pondok pesantren Daarul Falah Ciloang Kota Serang Banten.. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pondok pesantren Daarul Falah Ciloang Kota Serang Banten dalam menerapkan pola pembelajaran karakter memang sudah bagus setelah diteliti, karena pondok pesantren Daarul Falah menerapkan dua pola sekaligus menjadi satu yaitu antara ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Simpulan Pola penerapan pembelajaran karakter di Pondok Pesantren Daarul Falah adalah memberikan kesadaran kepada para santri untuk mengikuti tata tertib yang ada disekitar lingkungan pondok, kemudian membuat aturan-aturan yang sedemikian rupa, dan mewajibkan kepada semua santri untuk mengikuti semua kegiatan-kegiatan baik kegiatan yang ada di sekitar lingkungan pondok pesantren seperti muhadharah, mudzakarah, dan marhabanan maupun kegiatan yang berada di luar pondok pesantren. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan kepada para santri di pondok pesantren Daarul Falah yaitu menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa, jujur, adil dan bertoleransi serta disiplin.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pola Pembelajaran Karakter, Nilai-nilai Karakter, Pondok Pesantren |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 16 Nov 2022 04:24 |
Perubahan Terakhir: | 16 Nov 2022 04:24 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10081 |
Actions (login required)
Lihat Item |