Pengaruh Model Pembelajaran Moral Reasoning dan Inqury terhadap Hasil Belajar Santri pada Bidang Studi Aqidah Akhlak Santri Kelas 3 MTs Daar el-Qolam 1

Faturohman, Mohamad (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Moral Reasoning dan Inqury terhadap Hasil Belajar Santri pada Bidang Studi Aqidah Akhlak Santri Kelas 3 MTs Daar el-Qolam 1. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120170_COVER.pdf

Download (164kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120170_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (929kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120170_BAB I.pdf

Download (387kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_PAI_182120170_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (443kB)
[img] Teks
T_PAI_182120170_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (433kB)
[img] Teks
T_PAI_182120170_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (339kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120170_BAB V.pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120170_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran moral reasoning dan inquiry terhadap hasil belajar aqidah akhlak pada santri kelas 3 MTs Daar el-Qolam 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional sebab akibat dengan pendekatan ex-post facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 3 MTs Daar el-Qolam 1 yang berjumlah 371 siswa. Sedangkan sampel penelitian yaitu sebanyak 55 siswa dengan teknik pengambiln sampel menggunakan metode Proportional stratified random sampling. Instrument pengumpulan data menggunakan angket (test) untuk variable X1, X2 dan Laporan Hasil Belajar/Raport untuk variabel Y. Sebelum instrument digunakan terlebih dahulu dilakukan uji coba kepada 30 santri kelas 3 MTs Daar el-Qolam 1 untuk mengetahui validitas dan reabelitas instrument penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi berganda dengan taraf signifikan α= 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa semakin tinggi model pembelajaran moral reasoning dan inquiry, maka semakin baik hasil belajar akidah akhlak santri kelas 3 MTs, begitu juga sebaliknya.. Model Pembelajaran Moral reasoning dan Inquiry mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar aqidah akhlak. Hasil belajar aqidah akhlak dapat dijelaskan oleh variabel model pembelajaran Moral reasoning dan Inquiry yang masing-masing memiliki sebesar 58,7% dan 41,3%.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Pembelajaran Moral Reasoning, Inquiry, Hasil Belajar Aqidah Akhlak
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 05 Okt 2022 01:50
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2024 08:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9894

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.