Analisis Fundraising Strategi terhadap Minat Masyarakat untuk Memberikan Ziswaf di Masa Pandemi (Studi pada Dompet Dhuafa Banten)

Nurbiansyah, Wahyu (2022) Analisis Fundraising Strategi terhadap Minat Masyarakat untuk Memberikan Ziswaf di Masa Pandemi (Studi pada Dompet Dhuafa Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410175_COVER.pdf

Download (201kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410175_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410175_BAB I.pdf

Download (558kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_EIS_181410175_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (720kB)
[img] Teks
S_EIS_181410175_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (599kB)
[img] Teks
S_EIS_181410175_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (686kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410175_BAB V.pdf

Download (214kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410175_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh jenis corona virus, penyebaran virus yang sangat luas dan cepat membuat virus tersebut dideklarasikan oleh WHO sebagai pandemi. Pandemi Covid-19 membuat dampak yang buruk di setiap negara. Salah satu problematika dari buruknya perekonomian tersebut yaitu kemiskinan. Dalam hal ini, Ekonomi Syariah memiliki agenda sosial dalam mewujudkan keseimbangan dan kesejahteraan umat melalui zakat. Zakat harus dikelola dengan baik dan melembaga, sesuai dengan UU No. 23 tahun 2011 tentang pengelolaan ZIS. Dalam mengelola zakat diperlukan strategi fundraising. Lembaga Amil Zakat (LAZ) harus memikirkan strategi fundraising yang baik untuk menarik minat masyarakat memberikan ZISWAF dimasa pandemi agar kondisi ekonomi di masyarakat dapat stabil dan sejahtera. Berdasarkan permasalahan di atas maka tersusun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah strategi fundraising langsung melalui personal selling berpengaruh terhadap minat masyarakat untuk memberikan ZISWAF dimasa pandemi di Dompet Dhuafa Banten? 2) Bagaimanakah strategi fundraising tidak langsung melalui advertising berpengaruh terhadap minat masyarakat untuk memberikan ZISWAF dimasa pandemi di Dompet Dhuafa Banten? 3) Bagaimanakah strategi fundraising langsung melalui personal selling dan tidak langsung melalui advertising secara simultan berpengaruh terhadap terhadap minat masyarakat untuk memberikan ZISWAF dimasa pandemi di Dompet Dhuafa Banten?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi fundraising langsung melalui personal selling dan tidak langsung melalui advertising secara parsial dan simultan terhadap minat masyarakat untuk memberikan ZISWAF dimasa pandemi di Dompet Dhuafa Banten. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskripstif, pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner dengan jumlah sampel 95 responden berdasarkan rumus slovin. Data yang diperoleh kemudian diproses menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan prangkat lunak IBM SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel strategi fundraising langsung melalui personal selling, dan tidak langsung melalui advertising secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat untuk memberikan ZISWAF dimasa pandemi di Dompet Dhuafa Banten.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Fundraising, Minat, Ziswaf
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 307 Masyarakat
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 12 Okt 2022 03:32
Perubahan Terakhir: 12 Okt 2022 03:32
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9827

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.