Mu’afiyah, Yayah (2022) Motivasi Tahfidzul Qur’an pada Mahasiswa UIN SMH Banten (Kajian Living Qur’an di UKM UPTQ). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_IAT_171320097_Cover.pdf Download (375kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_IAT_171320097_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_IAT_171320097_Bab I.pdf Download (396kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_IAT_171320097_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (413kB) |
||
Teks
S_IAT_171320097_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (490kB) |
||
Teks
S_IAT_171320097_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (640kB) |
||
|
Teks
S_IAT_171320097_Bab V.pdf Download (149kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_IAT_171320097_Daftar Pustaka.pdf Download (229kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Dalam menjaga keontetikan Al-Qur‟an, umat muslim berlomba-lomba dalam menjaga Al-Qur‟an. Salah satu bentuk penjagaannya ialah dengan menghafalkan ayat-ayatnya dan mengamalkan isinya. Dalam proses menghafal Al-Qur‟an tentu sewaktu-waktu muncul adanya rasa jenuh. Maka dari itu perlu adanya motivasi yang kuat, baik dari dalam diri maupun dari luar. Pada proses menghafal Al-Qur‟an, perwujudan motivasi seseorang dapat dilihat dari aktivitas yang dapat menunjang dalam menghafal Al-Qur‟an. Semakin tinggi tahap motivasi akan semakin mempermudah dalam mencapai sebuah keberhasilan dalam menghafal Al-Qur‟an. Metode menghafalAl-Qur‟an sangat dibutuhkan, agar proses menghafal Al-Qur‟an jauh lebih mudah. Dan apabila seseorang telah menyelesaikan hafalannya, maka kewajibannya ialah menjaga hafalan tersebut dengan baik. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Apa Faktor-faktor Motivasi Mahasiswa/i UPTQ UIN SMH Banten dalam Menghafal Al-Qur‟an? 2) Bagaimana Metode Mahasiswa/i UPTQ UIN SMH Banten dalam Menghafal dan Menjaga Hafalan Al-Qur‟an? Adapun tujuan dari skripsi ini adalah: 1) Untuk Mengetahui Faktor-faktor Motivasi Mahasiswa/i UPTQ UIN SMH Banten dalam Menghafal Al-Qur‟an. 2) Untuk Mengetahui Metode Mahasiswa/i UPTQ UIN SMH Banten dalam Menghafal dan Menjaga Hafalan Al-Qur‟an. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian Living Qur‟an yaitu penelitian ilmiah tentang berbagai peristiwa sosial terkait dengan kehadiran Al-Qur‟an atau keberadaan Al-Qur‟an di masyarakat muslim tertentu. Adapun pendekatan yang digunakan penulis adalah pendekatan fenomenologi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah; Faktor-faktor motivasi mahasiswa dalam menghafal Al-Qur‟an ialah adanya keinginan dari diri sendiri, keinginan ingin memberikan mahkota kepada kedua orang tua di akhirat nanti, ingin memberikan syafaat bagi anggota keluarga dan terinspirasi dari dalil-dalil yang menyatakan bahwa penghafal Al-Qur‟an akan di angkat derajatnya. Dan metode menghafal Al-Qur‟an mahasiswa UPTQ ialah dengan menggunakan metode menghafal sendiri dan berpasangan. Adapun dalam menjaga hafalan Al-Qur‟an, mahasiswa UPTQ menggunakan metode pengulangan atau muraja‟ah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Motivasi, Tahfidz Qur’an, Living Qur’an, Fenomenologi |
Subjek: | 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.4 Kumpulan ayat-ayat dan surat-surat tertentu > 2x1.472 Ayat-ayat mengenai da’wah |
Divisi: | Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran dan Tafsir |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 17 Nov 2022 04:35 |
Perubahan Terakhir: | 17 Nov 2022 04:35 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9815 |
Actions (login required)
Lihat Item |