PERAN PUSAT INFORMASI KONSELING REMAJA (PIK-R) TERHADAP PEMAHAMAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Ciruas)

MAULANA, RIZQI MUHAMMAD (2016) PERAN PUSAT INFORMASI KONSELING REMAJA (PIK-R) TERHADAP PEMAHAMAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Ciruas). Diploma atau S1 thesis, IAIN SMH Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI rizqi.pdf

Download (354kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf

Download (289kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf

Download (377kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf

Download (200kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf

Download (246kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAPUS.pdf

Download (222kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) adalah suatu wadah kegiatan program kesehatan reproduksi remaja yang di kelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling bagi remaja. Masa remaja diartikan sebagai masa perkembangan transisi antara masa anak dan masa dewasa yang mencakup perubahan biologis, kognitif dan sosial-emosional. Perubahan biologis yang terjadi pada remaja haruslah disikapi dengan bijak. Permasalahan yang sering dialami oleh remaja sangatlah kompleks terutama jika berbicara mengenai kesehatan reproduksi remaja, tentu ini adalah salah satu tanggung jawab PIK-R. Pemberian pemahaman kesehatan reproduksi bagi remaja sangat perlu mengingat urgensinya terhadap kesehatan reproduksi bagi remaja. Dari uraian diatas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pemahaman siswa SMA Negeri 1 Ciruas terhadap kesehatan reproduksi, 2) Bagaimana peran Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) terhadap pemahaman kesehatan reproduksi remaja pada siswa SMA Negeri 1 Ciruas. Tujuan dalam penelitian ini adalah :1) Untuk mengetahui pemahaman siswa SMA Negeri 1 Ciruas terhadap kesehatan reproduksi. 2) Untuk mengetahui peran Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) terhadap pemahaman kesehatan reproduksi remaja pada siswa SMA Negeri 1 Ciruas. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun responden dalam penelitian ini yang di wawancarai sebanyak 10 orang siswa dan siswi SMA Negeri 1 Ciruas. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa siswa dan siswi SMA Negeri 1 Ciruas belum seluruhnya memahami betul mengenai kesehatan reproduksi. Peran Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) belum begitu maksimal dalam memberikan pemahaman kesehatan reproduksi pada siswa. Adapun upaya yang telah dilakukan oleh PIK-R SMA Negeri 1 Ciruas yaitu dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada siswa SMA Negeri 1 Ciruas.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Psikologi Perkembangan, Konseling Remaja
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 155 Differential & psikologi perkembangan
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 02 Mar 2017 07:34
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2017 02:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.