Riskiyah, Hildayatul (2022) Komunikasi Interpersonal Pramurawat dengan Penyandang Disabilitas. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_171330112_COVER.pdf Download (184kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_171330112_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (419kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_171330112_BAB I.pdf Download (233kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_KPI_171330112_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (452kB) |
||
Teks
S_KPI_171330112_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (460kB) |
||
Teks
S_KPI_171330112_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (467kB) |
||
|
Teks
S_KPI_171330112_BAB V.pdf Download (87kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_171330112_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penyandang disabilitas tuna ganda adalah seseorang yang memiliki kelainan lebih dari satu, baik kelainan pada fisik maupun mental, dengan kondisi yang mereka alami membuat mereka kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari maupun ketika berkomunikasi. Oleh sebab itu banyak orang yang berpendapat bahwa para penyandang disabilitas tidak dapat berkomunikasi dengan orang lain, namun pada kenyataannya para penyandang disabilitas dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang di sekitar mereka meskipun cara berinteraksi maupun berkomunikasi mereka berbeda dengan orang normal pada umumnya. Para penyandang disabilitas terutama disabilitas tuna ganda mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-harinya, oleh karena itu para penyandang disabilitas memerlukan seorang perawat untuk melakukan kegiatan sehari-harinya. Seperti para anak-anak disabilitas yang terdapat di Wisma Tuna Ganda Palsigunung yang selalu di dampingi oleh pramurawat. Dari latar belakang diatas maka pada penelitian ini terdapat dua rumusan masalah (1) bagaimana pola komunikasi interpersonal yang terjadi antara pramurawat dengan penyandang disabilitas tuna ganda dalam kegiatan sehari-hari, (2) bagaimana hambatan komunikasi yang terjadi antara pramurawat dengan penyandang disabilitas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi interpersonal yang terjadi antara pramurawat dengan penyandang disabilitas tuna ganda dalam kegiatan sehari-hari serta bagaimana hambatan komunikasi yang terjadi antara pramurawat dengan penyandang disabilitas tuna ganda tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan subjek pada penelitian ini yaitu pramurawat, dengan menggunakan teori interaksi simbolik. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya sebuah pola komunikasi yang terjadi antara pramurawat dengan anak penyandang disabilitas tuna ganda menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal. Hambatan komunikasi yang terjadi antara pramurawat dengan penyandang disabilitas tuna ganda yaitu pada bahasa isyarat yang dimiliki setiap anak penyandang disabiltas tuna ganda berbeda-beda.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Komunikasi Interpersonal, Disabilitas Tuna Ganda, Pramurawa |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 18 Nov 2022 06:45 |
Perubahan Terakhir: | 28 Mar 2024 06:46 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9747 |
Actions (login required)
Lihat Item |