Sagitasari, Tina (2022) Pemberdayaan Pendidikan oleh Kampoeng Baca Melalui Program Pendidikan dan Pelatihan di Kelurahan Benda, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PMI_181530041_COVER.pdf Download (198kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PMI_181530041_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (722kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PMI_181530041_BAB I.pdf Download (484kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PMI_181530041_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (767kB) |
||
Teks
S_PMI_181530041_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (426kB) |
||
Teks
S_PMI_181530041_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PMI_181530041_BAB V.pdf Download (300kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PMI_181530041_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Kampoeng Baca merupakan salah satu kampung tematik yang terdapat di Kota Tangerang. Kampoeng Baca memiliki berbagai macam program pemberdayaan. Kampoeng Baca memiliki perbedaan dengan kampung tematik pada umumnya. Jika kampung tematik pada umumnya memiliki fokus utama terhadap keadaan lingkungan, Kampoeng Baca memiliki fokus utama terhadap keadaan pendidikan masyarakatnya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian adalah: 1) Apa saja program - program yang terdapat di Kampoeng Baca?. 2) Bagaimana tahapan – tahapan pemberdayaan pendidikan yang dilakukan oleh Kampoeng Baca melalui Program Pendidikan dan Pelatihan?. 3) Apa manfaat Program Pendidikan dan Pelatihan untuk masyarakat wilayah Kampoeng Baca? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui program – program yang ada di Kampoeng Baca. 2) Untuk mengetahui tahapan – tahapan pemberdayaan pendidikan yang dilakukan oleh Kampoeng Baca melalui Program Pendidikan dan Pelatihan. 3) Untuk mengetahui manfaat Program Pendidikan dan Pelatihan untuk masyarakat wilayah Kampoeng Baca. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, karena saya ingin menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta – fakta yang terjadi di tempat penelitian. Sedangkan untuk teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yg telah dilakukan, bahwa Kampoeng Baca memiliki program pemberdayaan ekonomi, program lingkungan dan kesehatan, serta Program Pendidikan dan Pelatihan. Adapun 7 tahap pemberdayaan yang dilakukan pada Program Pendidikan dan Pelatihan yaitu tahap persiapan, pengkajian, perencanaan, formulasi aksi, implementasi kegiatan, evaluasi dan terminasi. Terdapat 6 manfaat yang dirasakan oleh masyarakat sekitar. Salah satunya adalah berubahnya pola pikir masyarakat terhadap pentingnya pendidikan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pemberdayaan, Pendidikan, Pelatihan, Masyarakat |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 303 Sosial proses |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 18 Nov 2022 06:49 |
Perubahan Terakhir: | 25 Mar 2024 07:12 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9740 |
Actions (login required)
Lihat Item |