PRAKTEK WIRIDAN DAN PEMBENTUKAN JIWA YANG TENANG (Studi Kasus Pada Jama’ah Tarekat Qadiriyyah Wa An-Naqsyabandiyah Cigandeng Menes Pandeglang)

Muhaemin, (2016) PRAKTEK WIRIDAN DAN PEMBENTUKAN JIWA YANG TENANG (Studi Kasus Pada Jama’ah Tarekat Qadiriyyah Wa An-Naqsyabandiyah Cigandeng Menes Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, IAIN SMH Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
A. Cover.pdf

Download (102kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
B. Legalisasi SKRIPSI.pdf

Download (363kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
C. Daftar isi.pdf

Download (213kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
E. BAB II.pdf

Download (427kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
E. BAB II.pdf

Download (427kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
F. BAB III.pdf

Download (887kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
G. BAB IV.pdf

Download (371kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
H. BAB V.pdf

Download (204kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
I. Daftar pustaka.pdf

Download (224kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Manusia dalam perkembangan hidupnya banyak dipengaruhi oleh kebendaan atau materi. Standar kebahagiaan diukur dengan materi dan kelezatan jasmaniah yang sifatnya sementara dan tidak pernah merasa puas. Hal semacam itu menjadikan kehidupan terasa hampa. Hal ini juga mengakibatkan miskin kerohanian (spiritual), sehingga manusia dalam hidupnya tidak seimbang. Dengan problem tersebut, dalam Islam muncul orang-orang yang dalam hidupnya berusaha menyeimbangkan antara kebutuhan jasmani dan rohani. Tarekat adalah suatu jalan atau cara untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dalam hal ini salah satu bentuk ajaran dalam tarekat adalah mengamalkan zikir, sebagai pengendali manusia untuk selalu ingat dan mendekatkan diri kepada Allah, selalu berusaha untuk selalu berbuat baik dan menyadari atas semua dosa yang telah diperbuatnya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan zikir jama’ah Tarekat Qodiriyyah Wa AnNaqsyabandiyyah Cidandeng Menes Pandeglang? 2) Apa motif jama’ah mengikuti zikir Tarekat Qodiriyyah Wa An-Naqsyabandiyyah? 3) Bagaimana Pengaruh Wiridan terhadap ketenangan Jiwa jama’ah Tarekat Qodiriyyah Wa AnNaqsyabandiyyah di Cigandeng Menes Pandeglang? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisa tentang pelaksanaan amalan zikir Tarekat Qodiriyah Wa An-Naqsyabandiyyah Cigandeng Menes Pandeglang. 2) Untuk mendeskripsikan motif Jama’ah yang mengikuti zikir Tarekat Qodiriyyah Wa An-Naqsyabandiyyah. 3) Untuk mengetahui pengaruh Wiridan terhadap Ketenangan Jiwa Jama’ah Tarekat Qodiriyah Wa AnNaqsyabandiyyah Cigandeng Menes Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis, menggambarkan dan menguraikan secara faktual apa yang dilihat dan ditemukan dari objek penelitian. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Kegiatan zikir Jama’ah TQN Cigandeng Menes Pandelang adalah setiap individu wajib zikir nafyisbat, “Laa Ilaha Illallah” sebanyak 165 kali dengan cara jahr (keras) setiap sesudah solat fardu dan zikir ism az-Zat “Allah, Allah...” dalam hati sebanyak sepuluh ribu atau selama satu setengah jam setiap harinya dengan rangkaian zikir dan do’a yang telah ditentukan. Motif warga berbai’at TQN Cigandeng Menes Pandeglang adalah: (a) perasaan jenuhan dan capek dengan kegiatan sehari-hari, (b) keresahan dalam hati dan (c) melihat akhlak mursyid. Adapun pengaruh zikirnya terhadap ketenangan jiwa yaitu (a) merasakan nikmatnya bertauhid, (b) selalu bersyukur karena dapat merasakan nikmat walaupun dalam keadaan sempit, (c) semangat dalam kebaikan dan (d) timbulnya akhlak mulia yang dicerminkan dari hati.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Akhlak, tarekat, Kejiwaan, Psikologi
Subjek: 2x5 Akhlak dan Tasawuf
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.2 Tasawuf
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.3 Tarekat
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.3 Tarekat > 2x5.31 Qadiriyah
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 02 Mar 2017 07:33
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2017 02:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.