Nufus, Hayatin (2022) Manajemen Pembelajaran Pondok Pesantren untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Kitab Kuning dengan Menggunakan Metodologi Muzakarah dan Sorogan di Pondok Pesantren At-Thahiriyah Kaloran Serang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_MPI_192630032_COVER.pdf Download (25kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_MPI_192630032_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_MPI_192630032_BAB I.pdf Download (326kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_MPI_192630032_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (350kB) |
||
Teks
T_MPI_192630032_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (114kB) |
||
Teks
T_MPI_192630032_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (534kB) |
||
|
Teks
T_MPI_192630032_BAB V.pdf Download (99kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_MPI_192630032_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Untuk menjaga eksistensi pembelajaran kitab kuning di pesantren, manajemen pembelajaran menjadi fokus yang harus dikembangkan pesantren sebagai bagian komprehensif pengembangan pesantren, hal ini ditekankan karena manajemen pembelajaran menjadi kunci bagaimana keberhasilan proses transfer knowledge dan transfer value pembelajaran pesantren yang khas. Penelitian ini bertujuan; untuk mengetahui dan mendeskripsikan konsep manajemen pembelajaran Pondok Pesantren At-Thahiriyah tentang kegiatan muzakarah dan sorogan, mengetahui peranan ustadz dan pengurus harian dalam memberikan pengawasan kepada santri dalam kegiatan muzakarah dan sorogan, mengetahui evaluasi kegiatan muzakarah dan sorogan untuk meningkatkan kemampuan baca kitab kuning santri di Pondok Pesantren At-Thahiriyah, dan untuk mengetahui berbagai kendala yang ditemui Pondok Pesantren At-Thahiriyah dalam melakukan pengelolaan kegiatan muzakarah dan sorogan untuk meningkatkan kemampuan baca kitab kuning santri. Manfaatnya adalah bahwa manajemen pembelajaran pondok pesantren yang baik sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan baca kitab kuning santri khususnya di Pondok Pesantren At-Thahiriyah. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Pemilihan metode ini akan mempermudah dalam memahami paparan data yang telah dijelaskan karena tersusun secara akurat dan sistematis. Pengumpulan data ini menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) konsep manajemen pembelajaran kegiatan muzakarah dan sorogan dalam meningkatkan kemampuan baca kitab kuning yaitu meliputi perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. 2) peranan ustadz dalam kegiatan muzakarah dan sorogan berupa mengontrol dan mengawasi proses pembelajaran. 3) evaluasi yang diberikan pondok pesantren kepada santri terbagi menjadi tiga, setoran hafalan, taftisyul kutub, dan musabaqah milad pondok. 4) faktor pendukung berjalannya kegiatan muzakarah dan sorogan antara lain, adanya kinerja pengurus harian dan bidang pendidikan yang saling berkoordinasi satu sama lain mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian kegiatan. Sedangkan, faktor-faktor penghambat kegiatan muzakarah dan sorogan muncul dari santri sebagai pelaku dari kedua kegiatan tersebut.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Manajemen, Pembelajaran, Pondok Pesantren, Muzakarah, Sorogan |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 17 Nov 2022 04:38 |
Perubahan Terakhir: | 17 Nov 2022 04:38 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9663 |
Actions (login required)
Lihat Item |