Implementasi Peogram Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Kinerja Kepala Madrasah dan Guru di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Kualitatif di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pandeglang)

Budiarjo, Budiarjo (2022) Implementasi Peogram Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Kinerja Kepala Madrasah dan Guru di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Kualitatif di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pandeglang). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_MPI_192630016_COVER.pdf

Download (71kB)
[img] Teks
T_MPI_192630016_LAMPIRAN DEPAN.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (976kB)
[img] Teks
T_MPI_192630016_BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Teks
T_MPI_192630016_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (720kB)
[img] Teks
T_MPI_192630016_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (167kB)
[img] Teks
T_MPI_192630016_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (204kB)
[img] Teks
T_MPI_192630016_BAB V.pdf

Download (114kB)
[img] Teks
T_MPI_192630016_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstrak

Madrasah merupakan salah satu jenis lembaga pendidikan formal berbasis Islami. Untuk menunjukan madrasah berkualitas serta bermutu, maka madrasah harus dapat menyusun serta mengimplementasikan rencana program prioritas dengan maksimal. Perencanaan yang disusun oleh madrasah dapat tertuang dalam rencana kerja madrasah yang selalu dikontrol dengan kegiatan evaluasi diri madrasah untuk meningkatkan mutu kinerja kepala madrasah dan guru. Tesis ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus serta menerapkan triangulasi data. Objek penelitian tesis ini adalah Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pandeglang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi program teknologi informasi dalam meningkatkan mutu kinerja kepala madrasah dan guru di masa pandemi covid-19 dari mulai perencanaan, pelaksanaan, masalah, faktor pendukung dan penghambat, cara mengatasi masalah serta hasil implementasi program teknologi informasi dalam meningkatkan mutu kinerja kepala madrasah dan guru di masa pandemi covid�19. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) tahapan perencanaan yang dilakukan : evaluasi diri madrasah, menentukan program kegiatan, rapat dewan guru dan komite serta pembentukan panitia kegiatan. Untuk kulaitas perencanaan kegiatan masih kurang. Madrasah belum mensinkronkan program kegiatan dengan rencana kerja madrasah, rencana kerja tahunan serta program prioritas; 2) pelaksanan difokuskan pada pelatihan aplikasi classroom, google formulir, pengisian rapot digital madrasah dan daftar hadir online. Kualitas dari pelatihan sudah baik, hal ini terlihat dari kehadiran guru, pemateri kompeten, materi pelatihan sangat dibutuhkan serta anggaran memadai; 3) masalah : masih ada guru yang lemah dalam penguasaan teknologo informasi, belum menggunakan aplikasi online dalam pembelajaran serta pelaporan masih manual; 4) faktor pendukung : kepala madrasah mensuport kegiatan, kualifikasi pendidik sesuai, jumlah siswa cukup banyak, fasilitas laboratorum komputer lengkap, pemateri kompeten serta anggaran kegiatan memadai. Faktor penghambat : kompetensi guru dalam penguasaan teknologi informasi tidak sama, belum semua guru memiliki laptop serta belum maksimalnya pemanfaatan aplikasi online dalam proses pembelajaran dan pelaporan kinerja; 5) cara mengatasi masalah : selalu berkoordinasi, melakukan pendampingan guru yang belum menguasai teknologi informasi, memaksimalkan penilaian kinerja kepala madrasah dan guru serta vi menekankan pemanfaatan aplikasi dalam meningkatkan mutu kinerja; 6) hasil : kepala madrasah dan sebagian besar guru menguasai aplikasi online seperti classroom, google formulir, pengisian rapot digital madrasah dan daftar hadir online, terlaksanannya penilaian kinerja kepala madrasah dan guru di masa pandemi covid-19 dengan hasil penilaian kinerja kepala madrasah mencapai predikat “baik” dan guru mencapai predikat “amat baik”, meningkatnya prestasi siswa dalam kegiatan lomba berbasis online serta beberapa siswa lolos tes online masuk madrasah favorit.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Program Teknologi Informasi, Rencana Kerja Madrasah, Mutu Kinerja
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 21 Nov 2022 02:03
Perubahan Terakhir: 21 Nov 2022 02:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9647

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.