Pengaruh Penggunaan Edmodo dan Kemampuan Guru dalam Mendesain Bahan Ajar terhadap Hasil Belajar PAI (Studi di SMA Negeri dan MA Negeri Kota Cilegon)

Fasilah, Anis (2022) Pengaruh Penggunaan Edmodo dan Kemampuan Guru dalam Mendesain Bahan Ajar terhadap Hasil Belajar PAI (Studi di SMA Negeri dan MA Negeri Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_PAI_182101113_COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Teks
T_PAI_182101113_LAMPIRAN DEPAN TESIS.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (709kB)
[img] Teks
T_PAI_182101113_BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Teks
T_PAI_182101113_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (362kB)
[img] Teks
T_PAI_182101113_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (689kB)
[img] Teks
T_PAI_182101113_BAB IV R.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (726kB)
[img] Teks
T_PAI_182101113_BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Teks
T_PAI_182101113_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah kurang optimalnya proses pembelajaran yang diterapkan di sekolah, seperti penggunaan metode yang monoton, sarana prasarana yang kurang memadai dan perkembangan teknologi yang digunakan tidak semestinya oleh siswa yang mempengaruhi hasil belajar siswa khususnya dalam ranah kognitif. Oleh karena itu, pentingnya penggunaan edmodo untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mendesain bahan ajar agar pembelajaran lebih menarik dan siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh penggunaan Edmodo terhadap hasil belajar PAI di SMA Negeri dan MA Negeri Kota Cilegon? (2) Bagaimana pengaruh kemampuan guru dalam mendesain bahan ajar terhadap hasil belajar PAI di SMA Negeri dan MA Negeri Kota Cilegon? (3) Bagaimana pengaruh penggunaan Edmodo dan kemampuan guru dalam mendesain bahan ajar terhadap hasil belajar PAI di SMA Negeri dan MA Negeri Kota Cilegon? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan Edmodo terhadap hasil belajar PAI di SMA Negeri dan MA Negeri Kota Cilegon. (2) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan guru dalam mendesain bahan ajar terhadap hasil belajar PAI di SMA Negeri dan MA Negeri Kota Cilegon. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan Edmodo dan kemampuan guru dalam mendesain bahan ajar terhadap hasil belajar PAI di SMA Negeri dan MA Negeri Kota Cilegon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian factorial-experimental dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan teknik analisis regresi linier berganda. Teknik yang digunakan dalam proses pengambilan sampel adalah Purposive Sampling dengan jumlah responden 98 siswa (kelas XI MIPA SMA Negeri 1 dan MA Negeri 2 Kota Cilegon). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan edmodo di SMA Negeri 1 dan MA Negeri 2 Kota Cilegon dengan rata-rata 57,65 dapat dikategorikan cukup. Sedangkan kemampuan guru dalam mendesain bahan ajar dengan rata-rata 58,13 dikategorikan cukup. Untuk hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 dan MA Negeri 2 Kota Cilegon dalam penelitian ini dilihat dari hasil postest nilai rata-rata 89,95 di katagorikan sangat baik. Dengan menggunakan uji t didapatkan hasil tingkat signifikansi t hitung < t tabel yaitu 0,019 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima secara bersama-sama (simultan) selanjutnya hasil uji f dengan signifikansi t hitung< t tabel yaitu 0,000 < 0,05. Selanjutnya terdapat pengaruh yang cukup antara penggunaan edmodo dan kemampuan guru dalam mendesain bahan ajar terhadap hasil belajar siswa dengan nilai adjusted R kuadrat sebesar 0,540 atau 54%.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Edmodo, Kemampuan Guru , Bahan Ajar, Hasil Belajar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > PAI
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 21 Nov 2022 02:28
Perubahan Terakhir: 21 Nov 2022 02:28
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9634

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.