Fazriah, Nada Nur (2022) Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok dalam Mengurangi Stres Remaja Keluarga Disharmonis (Studi Kasus pada Siswa/Siswi MTs Al-Khairiyah Kamasan). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_BKI_181520180_COVER.pdf Download (118kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_181520180_LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf Download (434kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_181520180_BAB I.pdf Download (328kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_BKI_181520180_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (341kB) |
||
Teks
S_BKI_181520180_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (244kB) |
||
Teks
S_BKI_181520180_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (237kB) |
||
|
Teks
S_BKI_181520180_BAB V.pdf Download (137kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_181520180_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Keluarga yang tersusun dari Ayah, Ibu, Adik, dan Kakak ini adalah orang yang paling mengetahui sifat, kebiasaan anggota keluarga, orang-orang yang selalu memberikan semangat ketika rapuh. Namun ketika tidak terdapat definisi nyaman, akan terciptanya suatu masalah yaitu keluarga yang disharmonis. Ketika seoarang remaja dihadapkan dengan situasi tersebut, stres pun dapat terjadi. Rumusan masalah berdasarkan latar belakang di atas dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tingkat stress remaja MTs Kamasan dari keluarga disharmonis? 2) Bagaimana bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok pada remaja keluarga disharmonis di MTs Kamasan? 3) Bagaimana bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dalam mengurangi stress remaja dari keluarga disharmonis di MTs Kamasan? Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mengetahui tingkat stres remaja dari keluarga disharmonis di MTs Kamasan. 2) Untuk mengetahui bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok pada remaja keluarga disharmonis di MTs Kamasan. 3) Untuk mengetehui bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dalam mengurangi stress remaja dari keluarga disharmonis di MTs Kamasan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-deskriptif yang digunakan dalam mendeskripsikan pokok-pokok yang ditemukan secara rinci. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah; observasi dan wawancara. Penelitian dilaksanakan pada April 2022 hingga Juni 2022, dengan jumlah responden dalam penelitian ini adalah 5 orang remaja. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Tingkat stress remaja dari keluarga disharmonis yaitu termasuk stress ringan dan stress sedang. 2) Bimbingan kelompok merupakan layanan yang mudah diikuti oleh anggotanya, karena membahas topik yang umum, dan topik disesuaikan dengan usia anggota kelompoknya. Langkah-langkah bimbingan kelompok terdiri dari tahap pembukaan, peralihan, inti dengan teknik diskusi kelompok, dan penutup. 3) Layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dapat memberikan pengaruh terhadap penurunan stress para remaja yang berasal dari keluarga disharmonis terlihat dari lembar refleksi proses kegiatan bimbingan kelompok.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Bimbingan Kelompok, Stress Remaja, Keluarga Disharmonis |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 21 Nov 2022 03:50 |
Perubahan Terakhir: | 16 Apr 2024 06:51 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9563 |
Actions (login required)
Lihat Item |