Hendrawan, Tsulistia Poetry (2022) Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Reinforcement Positif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mengaji Masa Kanak-Kanak Akhir (Studi di Perumahan Graha Cisait Desa Cisait Kecamatan Kragilan). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_BKI_181520008_Cover.pdf Download (44kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_181520008_Lampiran Depan.pdf Download (349kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_181520008_Bab I.pdf Download (219kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_BKI_181520008_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (391kB) |
||
Teks
S_BKI_181520008_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (126kB) |
||
Teks
S_BKI_181520008_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (299kB) |
||
|
Teks
S_BKI_181520008_Bab V.pdf Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_181520008_Daftar Pustaka.pdf Download (166kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana motivasi belajar mengaji masa kanak-kanak akhir di Perumahan Graha Cisait. 2) Bagaimana penerapan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif untuk meningkatkan motivasi belajar mengaji masa kanak-kanak akhir di Perumahan Graha Cisait. 3) Bagaimana hasil penerapan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif untuk meningkatkan motivasi belajar mengaji masa kanak-kanak akhir di Perumahan Graha Cisait. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui motivasi belajar mengaji masa kanak-kanak akhir di Perumahan Graha Cisait. 2) Menjelaskan penerapan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif untuk meningkatkan motivasi belajar mengaji masa kanak-kanak akhir di Perumahan Graha Cisait. 3) Mendeskripsikan hasil dari penerapan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif untuk meningkatkan motivasi belajar mengaji masa kanak-kanak akhir di Perumahan Graha Cisait. Metode penelitian bersifat kualitatif dengan pendekatan tindakan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan penyajian data. Sedangkan pemecahan masalah menggunakan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor internal dan eksternal yang membuat motivasi belajar ke-6 responden rendah. Penerapan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif sebanyak 5 pertemuan relevan untuk meningkatkan motivasi belajar mengaji masa kanak-kanak akhir di Perumahan Graha Cisait. Hasil dari penerapan tersebut membawa perubahan yang besar bagi anggota, perubahan yang signifikan terjadi pada 4 responden dimana mereka mulai termotivasi dalam belajar mengaji dan 2 responden sisanya perubahannya tidak terlalu besar karena masih berusaha untuk termotivasi dalam belajar mengaji.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Motivasi Mengaji, Reinforcement Positif, Masa Kanak-kanak Akhir |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 09 Nov 2022 07:21 |
Perubahan Terakhir: | 16 Apr 2024 07:04 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9516 |
Actions (login required)
Lihat Item |