Nadiyah, Nadiyah (2022) Penerapan Teknik Konseling Naratif Metode Storytelling dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak (Studi Kasus di Taman Bacaan Masyarakat Rumpun Literasi). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_BKI_171340133_COVER.pdf Download (107kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_BKI_171340133_LAMPIRAN DEPAN.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (752kB) |
||
|
Teks
S_BKI_171340133_BAB I.pdf Download (385kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_BKI_171340133_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (478kB) |
||
Teks
S_BKI_171340133_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (191kB) |
||
Teks
S_BKI_171340133_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (275kB) |
||
|
Teks
S_BKI_171340133_BAB V.pdf Download (101kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_171340133_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Lingkungan sosial yang tidak sehat (sakit) juga memberikan pengaruh besar kepada pembentukan kebiasaan buruk anak-anak. Konseling naratif yang diberikan melalui metode mendongeng atau storytelling adalah kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak dan dapat dijadikan rangsangan untuk membentuk karakter anak. Begitupun yang terjadi di TBM Rumpun Literasi memiliki anak yang kekurangan keterampilan sosial dalam beberapa bentuk maka metode mendongeng ini diterapkan untuk menjadi cara dan stimulus agar keterampilan sosial anak menjadi lebih baik. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah di sekitar ternyata pada usia anak akhir banyak yang keterampilan sosialnya masih belum baik, sebagai sampel diambil dari tempat TBM Rumpun Literasi. Dalam hal tersebut bertujuan untuk mengetahui kondisi psikologis anak di TBM Rumpun Literasi, untuk mengetahui penerapan Konseling Naratif dengan metode storytelling dalam meningkatkan keterampilan sosial pada anak serta untuk mengetahui hasil penerapan Konseling Naratif dengan metode storytelling dalam meningkatkan keterampilan sosial pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah mengguankan metode kualitatif tindakan.Subjek penelitian ini adalah relawan TBM Rumpun Literasi dan objeknya adalah anak yang mengikuti kegiatan di TBM Rumpun Literasi.Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, pengamatan lapangan dan dokumen. Kesimpulan penelitian ini adalah beberapa anak yang ada di Taman Bacaan Masyarakat Rumpun Literasi mengalami kurangnya keterampilan sosial yakni dalam hal akademis, sikap asertif, kepercayaan diri, dan kepatuhan.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode mendongeng untuk dijadikan tindakan dalam penelitian ini. TBM Rumpun literasi yang mengalami kurangnya kemampuan akademis dan kepercayaan diri terutama dalam membaca namun dengan diberikan terapi dengan mendongeng ini responden tersebut jadi semangat belajar membaca dan tertarik untuk membaca buku-buku yang lain.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Konseling Naratif, Storytelling, Keterampilan Sosial Anak |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 21 Nov 2022 07:02 |
Perubahan Terakhir: | 23 Apr 2024 08:06 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9495 |
Actions (login required)
Lihat Item |