Peran Kepala Sekolah Dalam Penerapan Program Tahfidz di SDIT Darul Ishlah Kabupaten Tangerang

Mulyani, Siti Sri (2022) Peran Kepala Sekolah Dalam Penerapan Program Tahfidz di SDIT Darul Ishlah Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250044_COVER.pdf

Download (81kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250044_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (857kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250044_BAB I.pdf

Download (260kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250044_BAB II.pdf

Download (354kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250044_BAB III.pdf

Download (158kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250044_BAB IV.pdf

Download (259kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250044_BAB V.pdf

Download (96kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250044_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan peran kepala sekolah dalam penerapan program tahfidz di SDIT Darul Ishlah Kabupaten Tangerang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif . Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Peran kepala sekolah di SDIT Darul Ishlah Kabupaten Tangerang cukup baik dalam memimpin sebuah organisasi kelembagaan di sekolah. kepala sekolah berkompeten dalam bidangnya dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap tugas-tugasnya serta dapat dapat bekerja sama dengan para dewan guru dalam merencanakan dan mengawasi sebuah program yang berjalan di sekolah (2) Dalam penerapan program tahfidz di SDIT Darul Ishlah Kabupaten Tangerang penerapannya ketika pagi hari setelah selesai sholat dhuha berjamaah pada pukul 07:00-08:00, siswa melakukan kegiatan tadarus bersama berupa hafalan surah-surah pendek yang telah ditentukan kemudian jika dirasa sudah cukup hafal barulah menyetor hasil hafalan secara bertahap kepada wali kelas masing-masing dan dalam penerapan program tahfidz di dukung dengan adanya media speaker yang digunakan (3) Peran kepala sekolah dalam penerapan program tahfidz di SDIT Darul Ishlah Kabupaten Tangerang cukup aktif dalam melakukan controlling selama kegiatan tahfidz berlangsung dan melakukan kegiatan evaluasi yang diadakan setiap satu bulan sekali bersama para dewan guru untuk membahas berbagai program yang berjalan di sekolah khususnya dalam kegiatan tahfidz di sekolah (4) Hambatan dalam penerapan program tahfidz di SDIT Darul Ishlah Kabupaten Tangerang yaitu kurangnya semangat yang tertanam pada diri siswa, tingkat kemampuan siswa dalam menghafal berbeda�beda, ada beberapa siswa yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an sehingga sedikit menyulitkan mereka untuk menghafal dan kurangnya kepeduliaan dan pola dukung dari orang tua siswa

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peran Kepala Sekolah, Program Tahfidz.
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Sep 2022 06:16
Perubahan Terakhir: 15 Sep 2022 06:16
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9388

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.