Pengembangan Counting Circuit Media untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa SD/MI Dalam Menghitung Keliling Bangun Datar (R&D di Kelas III SDN Pasar Kemis III Kab. Tangerang)

Nadia, Siti Khofifatun (2022) Pengembangan Counting Circuit Media untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa SD/MI Dalam Menghitung Keliling Bangun Datar (R&D di Kelas III SDN Pasar Kemis III Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_181240093_COVER.pdf

Download (101kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240093_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (685kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240093_BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240093_BAB II.pdf

Download (226kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240093_BAB III.pdf

Download (290kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240093_BAB IV.pdf

Download (410kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240093_BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240093_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran Counting Circuit Media untuk menghitung keliling bangun datar peserta didik kelas III di SDN Pasar Kemis III Kab. Tangerang. Pada penelitian menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dari model pengembangan S. Thiagarajana. Yang memilki 4 tahapan pengembangan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan uji coba (disseminate). Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media sebelum melakukan uji coba lapangan awal terhadap peserta didik. Adapun data yang dikumpulkan menggunakan angket ahli materi, angket ahli media, angket guru kelas III, angket peserta didik, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi mendapatkan skor 45 dengan persentase 90% dengan kriteria “sangat baik”, validasi ahli media mendapatkan skor 43 dengan persentase 86% dengan kriteria “sangat baik” dan validasi guru kelas III mendapatkan skor 73 dengan persentase 91,2%. Adapun hasil uji coba lapangan awal mendapatkan jumlah dengan persentase di atas 81%-100% dengan kriteria “sangat baik”. Secara keseluruhan media pembelajaran Counting Circuit Media sudah layak digunakan untuk memudahkan menghitung keliling bangun datar pada peserta didik yang mengalami kesulitan berhitung keliling bangun datar. Berdasarkan pengamatan secara lagsung, media Counting Circuit Media ini memudahkan peserta didik untuk belajar matematika.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Counting Circuit Media, Kemampuan Menghitung, Peserta Didik
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Sep 2022 06:09
Perubahan Terakhir: 15 Sep 2022 06:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9360

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.