Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Peredaran Darah dengan Pendekatan Holistik untuk Meningkatkan Aspek Afektif Siswa Kelas V SD/MI

Jannah, Miftahul (2022) Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Peredaran Darah dengan Pendekatan Holistik untuk Meningkatkan Aspek Afektif Siswa Kelas V SD/MI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240152_COVER.pdf

Download (55kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240152_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (605kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240152_BAB I.pdf

Download (247kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240152_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (475kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240152_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (484kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240152_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (961kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240152_BAB V.pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240152_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aspek afektif siswa melalui pendekatan holistik pada media video pembelajaran IPA materi peredaran darah kelas V Sekolah Dasar. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kreatifitas pendidik untuk proses pembelajaran, hingga kurangnya pencapaian siswa pada ranah afektif. Salah satu upaya yang bisa dilakukan yakni dengan mengembangkan media berbasis video dengan pendekatan holistik untuk meningkatkan afektif siswa tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) berdasarkan prosedur pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap yakni analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian penggunaan video sebagai media pembelajaran IPA, materi peredaran darah yang dikembangkan, kemudian diimplementasikan pada 14 siswa mendapat hasil skor rata-rata 89%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan pada pelajaran IPA materi peredaran darah dengan pendekatan holistik untuk meningkatkan aspek afektif siswa kelas V SDN Kandawati III. Pendekatan holistik menjadi acuan terpenting dalam penyusunan media dilihat dari respon hasil penilaian dampak afektif siswa sebesar 94% termasuk kriteria sangat layak mengenai pernyataan dirinya. Selain itu hasil pengamatan peneliti bahwa selama proses uji coba terdapat perubahan yakni meningkatnya aspek afektif siswa antara lain: sikap antusias saat media video ditampilkan, penerimaan kesadaran siswa atas hubungan antara materi umum (IPA) dan agama, dan terintegrasinya siswa yang dibuktikan dari rasa syukur dengan melantunkan hamdallah terhadap materi terkait.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Video Pembelajaran, Pembelajaran IPA, Pendekatan Holistik, Aspek Afektif
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 11 Nov 2022 03:58
Perubahan Terakhir: 11 Nov 2022 03:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9349

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.