Jannah, Miftahul (2022) Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Peredaran Darah dengan Pendekatan Holistik untuk Meningkatkan Aspek Afektif Siswa Kelas V SD/MI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240152_COVER.pdf Download (55kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240152_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (605kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240152_BAB I.pdf Download (247kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240152_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (475kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240152_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (484kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240152_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (961kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240152_BAB V.pdf Download (2MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240152_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aspek afektif siswa melalui pendekatan holistik pada media video pembelajaran IPA materi peredaran darah kelas V Sekolah Dasar. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kreatifitas pendidik untuk proses pembelajaran, hingga kurangnya pencapaian siswa pada ranah afektif. Salah satu upaya yang bisa dilakukan yakni dengan mengembangkan media berbasis video dengan pendekatan holistik untuk meningkatkan afektif siswa tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) berdasarkan prosedur pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap yakni analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian penggunaan video sebagai media pembelajaran IPA, materi peredaran darah yang dikembangkan, kemudian diimplementasikan pada 14 siswa mendapat hasil skor rata-rata 89%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan pada pelajaran IPA materi peredaran darah dengan pendekatan holistik untuk meningkatkan aspek afektif siswa kelas V SDN Kandawati III. Pendekatan holistik menjadi acuan terpenting dalam penyusunan media dilihat dari respon hasil penilaian dampak afektif siswa sebesar 94% termasuk kriteria sangat layak mengenai pernyataan dirinya. Selain itu hasil pengamatan peneliti bahwa selama proses uji coba terdapat perubahan yakni meningkatnya aspek afektif siswa antara lain: sikap antusias saat media video ditampilkan, penerimaan kesadaran siswa atas hubungan antara materi umum (IPA) dan agama, dan terintegrasinya siswa yang dibuktikan dari rasa syukur dengan melantunkan hamdallah terhadap materi terkait.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Video Pembelajaran, Pembelajaran IPA, Pendekatan Holistik, Aspek Afektif |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 11 Nov 2022 03:58 |
Perubahan Terakhir: | 11 Nov 2022 03:58 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9349 |
Actions (login required)
Lihat Item |