Penerapan Nilai Islam terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah Produk Makanan (Studi Kasus di Pusat Jajanan Serba Ada Kec. Serang-Banten)

Agustiani, Deden (2022) Penerapan Nilai Islam terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah Produk Makanan (Studi Kasus di Pusat Jajanan Serba Ada Kec. Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_171410112_Cover.pdf

Download (19kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_171410112_Lampiran Depan.pdf

Download (680kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_171410112_Bab I.pdf

Download (218kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_EIS_171410112_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (588kB)
[img] Teks
S_EIS_171410112_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (400kB)
[img] Teks
S_EIS_171410112_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (608kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_171410112_Bab V.pdf

Download (121kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_171410112_Daftar Pustaka.pdf

Download (281kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya masyarakat dalam menjalankan usahanya hanya untuk memperoleh keuntungan semata tanpa memperhatikan dari segi nilai-nilai Islam dalam transaksi jual-beli. Penerapan nilai Islam yang baik akan menciptakan keselarasan dalam berbisnis serta akan meningkatkan kinerja dari para pelaku usaha. Perumusan masalah dalam penelitian ini yang berfokus pada para pelaku UMKM di Pusat Jajanan Serba Ada Kec. Serang-Banten, yaitu 1) Apakah penerapan nilai Islam berpengaruh terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah produk makanan? 2) Apakahpara pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah produk makanan dalam kegiatan ekonomi sudah menerapkan nilai Islam? Tujuan dari penelitian ini yang berfokus pada pelaku UMKM di Pusat Jajanan Serba Ada Kec. Serang-Banten,yaitu 1) Untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan nilai Islam terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah produk makanan. 2) Untuk mengetahui apakah perbedaan sebelum dan sesudah para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah produk makanan dalam kegiatan ekonomi menerapkan nilai Islam. Penelitian ini menggunakan model analisis regresi sederhana. Uji validitas dan reliabilitas instrumen. Uji asumsi klasik. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji f karena diduga terdapat hubungan dan pengaruh antara penerapan nilai Islam terhadap UMKM Produk Makanan, dan uji koefisien determinasi. Kesimpulannya, pengujian hipotesis pada penerapan nilai Islam diketahui nilai thitung > ttabel (214.581 > 1.993), hal ini berarti menunjukkan bahwa penerapan nilai Islam memiliki pengaruh pada UMKM produk makanan.Setelah dilakukan uji regresi linier sederhana didapat persamaan regresi yaitu Y = 0.821 + 0.995 X. Nilai koefisien determinasi sebesar 0.357, hal tersebut menunjukkan bahwa variabel bebas yaitu penerapan nilai Islam memiliki kontribusi pada variabel terikat yaitu UMKM produk makanan sebesar 35,7%. Sedangkan 64,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, maka disimpulkan bahwa para pelaku UMKM produk makanan yang terletak di Pusat Jajanan serba Ada Kec. Serang dalam menjalankan usahanya masih belum sepenuhnya memperhatikan urusan akhirat. Hal ini terlihat dengan sebagian besar para pelaku usaha dalam berdagang hanya berpatokan untuk mencari keuntungan semata tanpa memperhatikan nilai-nilai syariat Islam dan masih kurangnya kesadaran serta pengetahuan para pedagang terhadap nilai-nilai syariah islam itu sendiri.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 21 Nov 2022 07:36
Perubahan Terakhir: 21 Nov 2022 07:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9342

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.