Safitri, Devi Nur (2022) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Edmodo untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kuantitatif di SMA Negeri 1 Ciomas). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210038_COVER.pdf Download (109kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210038_LAMPIRAN DEPAN.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210038_BAB 1.pdf Download (183kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210038_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (492kB) |
||
Teks
S_PAI_171210038_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (555kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210038_BAB IV.pdf Download (486kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210038_BAB V.pdf Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210038_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Ciomas dan (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi edmodo untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Ciomas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Ciomas termasuk kriteria baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen meningkat dari 54,47 menjadi 62,56. Hasil yang diperoleh kelas eksperimen meningkat sebesar 8,09 poin. Sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol sedikit meningkat dari 52,16 menjadi 53,56. Hasil yang diperoleh kelas kontrol meningkat sebesar 1,4 poin. (2) Penggunaan aplikasi edmodo dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Ciomas. Hal ini terbukti dari hasil uji korelasi product moment dan uji regresi linear sederhana diketahui sig 0,02 < 0,05 dan diperoleh nilai korelasi sebesar 0,525, termasuk kriteria korelasi sedang karena berada pada interval 0,40- 0,599. Artinya, terdapat korelasi atau pengaruh yang signifikan antara aplikasi edmodo terhadap motivasi belajar siswa dan dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai R Square yaitu 0,275, artinya motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di masa pandemi covid-19 di SMA Negeri Ciomas dipengaruhi oleh aplikasi edmodo sebesar 27,5% sedangkan sisanya 72,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang dapat diteliti lebih lanjut. Simpulan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Ciomas termasuk dalam kategori baik dan terdapat pengaruh yang signifikan antara aplikasi edmodo terhadap motivasi belajar siswa
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Aplikasi Edmodo, Motivasi Belajar |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 21 Nov 2022 08:12 |
Perubahan Terakhir: | 22 Nov 2022 02:02 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9253 |
Actions (login required)
Lihat Item |