Pengaruh Penggunaan Aplikasi Edmodo untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kuantitatif di SMA Negeri 1 Ciomas)

Safitri, Devi Nur (2022) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Edmodo untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kuantitatif di SMA Negeri 1 Ciomas). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210038_COVER.pdf

Download (109kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_171210038_LAMPIRAN DEPAN.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210038_BAB 1.pdf

Download (183kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_171210038_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (492kB)
[img] Teks
S_PAI_171210038_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (555kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210038_BAB IV.pdf

Download (486kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210038_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210038_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Ciomas dan (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi edmodo untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Ciomas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Ciomas termasuk kriteria baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen meningkat dari 54,47 menjadi 62,56. Hasil yang diperoleh kelas eksperimen meningkat sebesar 8,09 poin. Sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol sedikit meningkat dari 52,16 menjadi 53,56. Hasil yang diperoleh kelas kontrol meningkat sebesar 1,4 poin. (2) Penggunaan aplikasi edmodo dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Ciomas. Hal ini terbukti dari hasil uji korelasi product moment dan uji regresi linear sederhana diketahui sig 0,02 < 0,05 dan diperoleh nilai korelasi sebesar 0,525, termasuk kriteria korelasi sedang karena berada pada interval 0,40- 0,599. Artinya, terdapat korelasi atau pengaruh yang signifikan antara aplikasi edmodo terhadap motivasi belajar siswa dan dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai R Square yaitu 0,275, artinya motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di masa pandemi covid-19 di SMA Negeri Ciomas dipengaruhi oleh aplikasi edmodo sebesar 27,5% sedangkan sisanya 72,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang dapat diteliti lebih lanjut. Simpulan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Ciomas termasuk dalam kategori baik dan terdapat pengaruh yang signifikan antara aplikasi edmodo terhadap motivasi belajar siswa

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Aplikasi Edmodo, Motivasi Belajar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 21 Nov 2022 08:12
Perubahan Terakhir: 22 Nov 2022 02:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9253

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.