Diniyah, Muflihah (2022) Implementasi Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Adiwiyata SMAN 4 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_142101934_COVER.pdf Download (131kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_142101934_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (449kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_142101934_BAB I.pdf Download (389kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_142101934_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (337kB) |
||
Teks
S_PAI_142101934_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (197kB) |
||
Teks
S_PAI_142101934_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (247kB) |
||
|
Teks
S_PAI_142101934_BAB V.pdf Download (167kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_142101934_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kreativitas dalam pembelajaran PAI sebagai bentuk pengamalan dari materi “Beriman Kepada Kitab Allah” melalui program Adiwiyata di SMAN 4 Kota Serang, untuk mengetahui bagaimana program Adiwiyata di SMAN 4 Kota Serang, serta untuk mengetahui bagaimana penerapan kreativitas pembelajaran PAI yang dilakukan melalui program Adiwiyata. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus . Metode penelitian kualitatif sering disebut metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati (Bogdan dan Taylor dalam Moleong, 2003:3). Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan kreativitas siswa dalam mengelola lingkungan sudah sangat baik, hanya saja kegiatan mereka terhambat karena adanya pandemi. Program Adiwiyata yang diterapkan di SMAN 4 Kota Serang telah mengantarkan mereka menjadi pionir sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. Upaya sekolah dalam melibatkan siswa untuk berpartisipasi dalam program Adiwiyata terlihat dengan tersedianya alat serta sarana dan prasarana untuk pengelolaan lingkungan. Penerapan kreativitas dalam pembelajaran PAI salah satunya dengan dilaksanakannya proses pembelajaran outdoor untuk mengembangkan kreativitas siswa sekaligus agar siswa dapat merasakan langsung belajar di alam terbuka yang harus mereka jaga
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Contextual Teaching and Learning, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Adiwiyata. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 06 Sep 2022 04:36 |
Perubahan Terakhir: | 06 Sep 2022 04:36 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9238 |
Actions (login required)
Lihat Item |