Khairin, Diana Putri (2022) Pembinaan Shalat Fardhu Pada Anak Autis di Sekolah Khusus (SKh) Negeri 02 Lebak. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210144_COVER.pdf Download (30kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210144_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (765kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210144_BAB I.pdf Download (164kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210144_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (609kB) |
||
Teks
S_PAI_171210144_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (151kB) |
||
Teks
S_PAI_171210144_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (341kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210144_BAB V.pdf Download (87kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210144_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan shalat fardhu pada anak autis di Sekolah Khusus (SKh) Negeri 02 Lebak, untuk mengetahui bagaimana anak autis melaksanakan shalat fardhu di SKh Negeri 02 Lebak. Latar belakang penelitian ini adalah anak autis memiliki gangguan perkembangan neurobiologis yang berat sehingga mempengaruhi fungsi otak, bagaimana anak belajar, berkomunikasi, berinteraksi dan juga memiliki gangguan perilaku, gangguan emosional, serta gangguan persespsi sensoris. Dalam pembelajaran PAI khususnya shalat fardhu, anak autis di Sekolah Khusus Negeri 02 Lebak masih keliru pada gerakan shalat dan belum sepenuhnya hafal bacaan shalat. Jadi bisa dikatakan bahwa kemampuan shalat fardhu anak autis tersebut masih tergolong rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian adalah : 1) Pembinaan shalat fardhu pada anak autis cukup optimal. Meski siswa masih sering datang terlambat pada saat pembinaan, hal tersebut tidak begitu berpengaruh pada proses pembinaan. Karena pembinaan ini tetap berlanjut sehingga mampu memperbaiki beberapa kekeliruan siswa autis dalam melaksanakan shalat fardhu dan kemampuan shalat fardhu anak autis sedikit demi sedikit menjadi lebih meningkat dibandingkan dengan sebelumnya. 2) Anak autis sudah mulai hafal bacaan�bacaan shalat serta tata cara shalat fardhu dari mulai berwudhu sebelum shalat, kemudian memulai shalat dengan mengucapkan niat shalat sampai pada akhir gerakan salam. Anak autis sudah mampu melaksanakan shalat fardhu secara mandiri, hanya saja masih ada siswa yang harus diberitahu atau diingatkan kembali untuk melaksanakan shalat fardhu sesuai waktunya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pembinaan, Shalat Fardhu, Anak Autis |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 06 Sep 2022 07:55 |
Perubahan Terakhir: | 06 Sep 2022 07:55 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9181 |
Actions (login required)
Lihat Item |