Zumarnis, Alfira (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI METODE TALAQQI DALAM PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QUR’AN (Studi di SMP Al-Wutsqo Taman Sijaga). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210034_COVER.pdf Download (31kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210034_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (799kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210034_BAB I.pdf Download (353kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210034_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (500kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210034_BAB III.pdf Download (218kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210034_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (741kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210034_BAB V.pdf Download (208kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210034_Daftar Pustaka.pdf Download (219kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi penerapan metode Talaqqi terhadap pembelajaran Tahsin Al-Qur’an pada siswa SMP Al-Wutsqo Taman Sijaga dan faktor penguat serta faktor penghambatnya. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Februari 2021 sampai bulan April 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman. Informan penelitian sebanyak 8 orang informan diantaranya kepala sekolah, guru BTQ, guru praktek ibadah (tahfiz), 3 orang siswa-siswi dan 2 orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tahsin Al-Qur’an dengan menggunakan metode talaqqi untuk meningkatkan kefasihan membaca Al�Qur’an sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Penggunaan metode Talaqqi memiliki fokus utama pada penguasan makhorijul huruf dan hukum-hukum tajwid sebagai pedoman membaca Al-Qur’an. Kesulitan penguasaan makhorijul huruf umumnya terdapat pada pelafazan beberapa huruf hijaiyah, seperti huruf dza (ذ ,( dho (ض ,(tha (ط ,(zho (ظ ,(sedangkan kesulitan penguasaan hukum tajwid umumnya terdapat pada hukum mad. Faktor penguat diantaranya pihak sekolah yang berupaya mengikuti perkembangan kurikulum pendidikan guna meningkatkan kualitas pembelajaran tahsin Al-Qur’an dengan menerapkan metode Talaqqi untuk pertama kali, kompetensi guru yang memadai dan sikap profesionalisme guru dalam mengajar penuh kesabaran, ketelitian, serta kedisiplinan, tingginya motivasi belajar siswa-siswi saat belajar di lingkungan sekolah dan dukungan dari orang tua dengan pengulangan kembali di rumah atau mengikutsertakan anaknya belajar tahsin di tempat khusus. Faktor penghambat diantaranya kurangnya kerjasama antara guru BTQ dan guru tahfiz untuk memberikan perlakuan khusus kepada yang terkendala makhorijul huruf, kurangnya jumlah guru untuk mengajar tahsin pada setiap pertemuannya, kurang kuatnya motivasi belajar siswa untuk berlatih tahsin saat di rumah dan kurangnya dukungan orang tua, baik langsung maupun tidak langsung kepada anaknya untuk melatih dan mengasah hasil belajar tahsin Al-Qur’an.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Implementasi, Tahsin, Talaqqi. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 06 Sep 2022 03:45 |
Perubahan Terakhir: | 06 Sep 2022 03:45 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9147 |
Actions (login required)
Lihat Item |