Pengaruh Tata Ruang Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa (di MA Daar Al-Ilmi)

Kurnia, Adi (2022) Pengaruh Tata Ruang Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa (di MA Daar Al-Ilmi). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_161250032_COVER.pdf

Download (192kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_161250032_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (846kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_161250032_BAB I.pdf

Download (197kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_161250032_BAB II.pdf

Download (447kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_161250032_BAB III.pdf

Download (524kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_161250032_BAB V.pdf

Download (196kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_161250032_BAB IV.pdf

Download (464kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_161250032_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana tata ruang perpustakaan sekolah di Madrasah Aliyah Daar Al-Ilmi Kota Serang, (2) mengetahui bagaimanakah minat baca siswa sekolah di Madrasah Aliyah Daar Al-Ilmi Kota Serang, dan (3) Untuk mengetahui Apakah ada pengaruh tata ruang perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa Madrasah Aliyah Daar Al-Ilmi Kota Serang. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Daar Al-Ilmi yang bertempat di l. Empat lima Cikulur Serang-Banten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Instrumen penelitian menggunakan angket. Sampel berjumlah 74 responden diambil dengan menggunakan teknik: “Simple Random Sampling” dari jumlah populasi 290 siswa. Angket tata ruang perpustakaan adalah indicator Kondisi Tata ruang Perpustakaan dan Kesesuaian dengan kebutuhan. Sedangkan angket minat baca siswa adalah indikator Tingkat ketertarikan terhadap membaca, Kebiasaan dalam membaca dan Peluang terhadap minat baca. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial, analisis deskriptif meliputi menghitung tabel frekuensi, mean, modus, median, varians, simpangan baku, histogram dan polygon. Sedangkan analisis inferensial menggunakan analisis regresi dan korelasi. Hasil penelitian, Pertama, menunjukan tata ruang perpustakaan lebih dominan pada penilaian baik mencapai 66,91 %. Kedua, tingkat minat baca siswa lebih dominan tergolong kategori baik sebesar 73,56 %. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan tata ruang perpustakaan terhadap minat baca siswa sebesar 12,44%. Koefisien korelasi 0,353 artinya pengaruh tata ruang perpustakaan terhadap minat baca siswa pada taraf yang rendah/lemah tapi pasti.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): tata ruang perpustakaan, minat baca siswa.
Subjek: 000 Ilmu komputer, pengetahuan & sistem > 020 Perpustakaan & Informasi Ilmu > 025 Perpustakaan operasi
100 Filsafat & Psikologi > 110 Metafisika > 111 Ontologi > 111.6 Terbatas dan Tak Terbatas > 000 Ilmu komputer, pengetahuan & sistem > 020 Perpustakaan & Informasi Ilmu > 025 Perpustakaan operasi
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 06 Sep 2022 02:25
Perubahan Terakhir: 06 Sep 2022 02:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9128

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.