STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DI SMA NEGERI 19 KABUPATEN TANGERANG

Widyanti, Dewi Ratna (2022) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DI SMA NEGERI 19 KABUPATEN TANGERANG. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250081_Cover.pdf

Download (138kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250081_Lampiran Depan.pdf

Download (567kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250081_Bab I.pdf

Download (255kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250081_Bab II.pdf

Download (430kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250081_Bab III.pdf

Download (218kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250081_Bab IV.pdf

Download (573kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250081_Bab V.pdf

Download (94kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_181250081_Daftar Pustaka.pdf

Download (174kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam penerapan full day school, mulai dari perencanaan, penerapan, faktor pendukung dan penghambat, serta strategi kepala sekolah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 19 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumen. Informan penelitian adalah kepala sekolah, wakabid kurikulum, dan guru. Instrumen penelitian peneliti, yaitu: pedoman wawancara dan pedoman observasi. Analisis data meliputi reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Langkah untuk menguji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil analisis data yang telah temukan dari penelitian ini antara lain: perencanaan program full day school dilakukan dengan penetapan sasaran, program, dan penentuan indikator keberhasilan program yang melibatkan seluruh stakeholder sekolah untuk bekerja sama. Penerapan full day school berjalan optimal dalam proses pembelajaran, dengan menentukan kegiatan dan menyusun jadwal yang telah dirancang oleh kepala sekolah dan para guru untuk meningkatkan kualitas sekolah. Faktor pendukung full day school di SMAN 19 Kabupaten Tangerang yaitu, sarana dan prasarana, tenaga pendidik dan kependidikan serta dukungan orang tua siswa. Faktor penghambat penerapan full day school yaitu, kurangnya komunikasi antara kepala sekolah dengan guru maupun dengan orang tua siswa, dan banyak siswa yang merasa jenuh maupun bosan, serta sebagian orang tua siswa kurang mendukung. Strategi yang digunakan kepala sekolah untuk meminimalisir hambatan yang terjadi dalam penerapan program full day school yaitu dengan bekerja sama antara jajaran di sekolah serta menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik antara guru, orang tua siswa dan siswa untuk mewujudkan kualitas mutu pendidikan yang unggul dan meningkatnya prestasi dan kemampuan siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi, Kepala Sekolah, Full Day School.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 06 Sep 2022 02:24
Perubahan Terakhir: 06 Sep 2022 02:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9127

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.