BIMBINGAN KARIR DALAM PERSPEKTIF SISWA (Studi di SMA Negeri 1 Petir)

Wulandari, Heni (2015) BIMBINGAN KARIR DALAM PERSPEKTIF SISWA (Studi di SMA Negeri 1 Petir). Diploma atau S1 thesis, IAIN SMH Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf

Download (29kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf

Download (48kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf

Download (310kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf

Download (96kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf

Download (11kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PENDAHULUAN.pdf

Download (96kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Karir adalah pekerjaan, profesi. Seseorang akan bekerja dengan senang hati dan penuh kegembiraan apabila apa yang dikerjakan itu memang sesuai dengan keadaan dirinya, kemampuannya, dan minatnya. Sebaliknya apabila seseorang bekerja tidak sesuai dengan apa yang ada dalam dirinya maka dapat dipastikan ia akan kurang bergairah dalam bekerja, kurang senang, dan kurang tekun. Agar seseorang dapat bekerja dengan baik, senang, dan tekun, diperlukan adanya kesesuaian tuntutan dari pekerjaan atau jabatan itu dengan apa yang ada dalam diri individu yang bersangkutan. Kesediaan siswa mengikuti pelaksanaan bimbingan karir dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah persepsi siswa terhadap bimbingan karir itu sendiri.Persepsi yang dimiliki oleh siswa dapat berbeda-beda tergantung dari sudut pandang mereka masing-masing. Siswa yang memiliki persepsi positif tentang pelaksanaan bimbingan karir, maka siswa tersebut akan mengikuti bimbingan karir tersebut dengan penuh semangat yakin dan penuh tanggung jawab, serta siswa akan selalu memanfaatkan pelaksanaan bimbingan karir tersebut dengan banyak menanyakan informasi-informasi tentang dunia kerja yang akan mereka masuki nantinya. Dari latar belakang diatas munculah beberapa pertanyaan diantaranya: 1) Bagaimana persepsi siswa tentang bimbingan karir di SMANegeri 1 Petir?, 2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan karir di SMA Negeri 1 Petir?, 3) Bagaimana solusi persepsi siswa dalam pelaksanaan bimbingan karir di SMA Negeri 1 Petir? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang bimbingan karir di SMAN 1 Petir. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan karir di SMA Negeri 1 Petir. 3) Untuk mengetahui bagaimana solusi persepsi siswa dalam pelaksanaan bimbingan karir di SMA Negeri 1 Petir. Adapun penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Petir, dengan jenis penelitian yang digunakan dalam menyusun skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu data yang diambil langsung dari lokasi penelitian, dengan metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian di SMA Negeri 1 Petir, bahwa siswa ada yang berfikir negatif tentang bimbingan karir, beranggapan bahwa bimbingan karir tidak perlu diberikan. Karena menurut mereka tidak membawa manfaat terhadap karirnya di masa depan. Persepsi siswa terjadi disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah: minat siswa yang masih kurang dalam mengikuti layanan bimbingan karir,perlunya media pembantu dalam melaksanakan bimbingan karir, kurangnya motivasi dalam belajar sehingga siswa tidak dapat menerima informasi-informasi dari guru/pembimbing. Dan solusi dalam permasalahan ini guru BK dan pihak sekolah memberikan gambaran dan memberikan keyakinan kepada siswa tentang kemampuan dan potensi yang dimiliki serta mampu mengarahkan siswa menuju karir yang sesuai dengan kemampuannya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): psikologi Pendidikan, Bimbingan Karier, Siswa
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 02 Mar 2017 07:31
Perubahan Terakhir: 27 Okt 2017 07:20
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/91

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.