Pengaruh Metode Genius Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di SMP NU Kramatwatu Kabupaten Serang)

Multafiani, Siti Syarifah (2022) Pengaruh Metode Genius Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di SMP NU Kramatwatu Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102060_Cover.pdf

Download (13kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102060_Lampiran Depan.pdf

Download (800kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102060_Bab I.pdf

Download (246kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102060_Bab II.pdf

Download (410kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102060_Bab III.pdf

Download (431kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102060_Bab IV.pdf

Download (500kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102060_Bab V.pdf

Download (158kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102060_Daftar Pustaka.pdf

Download (163kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII sebelum diterapkannya metode genius learning, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII sesudah diterapkan metode genius learning, dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode genius learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil temuan peneliti menunjukkan bahwa hasil belajar PAI siswa yang diajar dengan menggunakan metode Genius Learning secara signifikan lebih tinggi yaitu memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,61 dari pada hasil belajar PAI siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional yaitu memperoleh nilai rata-rata sebesar 79,21. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%, maka diperoleh thitung = 1,708 > ttabel = 1,673 (N = 54), dengan ini maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hipotesis nol (Ho) ditolak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Genius Learning, Hasil Belajar PAI.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 13 Jul 2022 08:25
Perubahan Terakhir: 13 Jul 2022 08:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9058

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.