Multafiani, Siti Syarifah (2022) Pengaruh Metode Genius Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di SMP NU Kramatwatu Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_152102060_Cover.pdf Download (13kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_152102060_Lampiran Depan.pdf Download (800kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_152102060_Bab I.pdf Download (246kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_152102060_Bab II.pdf Download (410kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_152102060_Bab III.pdf Download (431kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_152102060_Bab IV.pdf Download (500kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_152102060_Bab V.pdf Download (158kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_152102060_Daftar Pustaka.pdf Download (163kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII sebelum diterapkannya metode genius learning, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII sesudah diterapkan metode genius learning, dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode genius learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil temuan peneliti menunjukkan bahwa hasil belajar PAI siswa yang diajar dengan menggunakan metode Genius Learning secara signifikan lebih tinggi yaitu memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,61 dari pada hasil belajar PAI siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional yaitu memperoleh nilai rata-rata sebesar 79,21. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%, maka diperoleh thitung = 1,708 > ttabel = 1,673 (N = 54), dengan ini maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hipotesis nol (Ho) ditolak.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode Genius Learning, Hasil Belajar PAI. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 13 Jul 2022 08:25 |
Perubahan Terakhir: | 13 Jul 2022 08:25 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9058 |
Actions (login required)
Lihat Item |