Hubungan Orangtua dalam Pembinaaan Agama dengan Disiplin Belajar Siswa

Muhayanah, Muhayanah (2022) Hubungan Orangtua dalam Pembinaaan Agama dengan Disiplin Belajar Siswa. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240084_COVER.pdf

Download (59kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240084_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (648kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240084_BAB 1.pdf

Download (229kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240084_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (349kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240084_BAB III.pdf

Download (331kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240084_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (513kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240084_BAB V.pdf

Download (12kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240084_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Disiplin merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam berlangsungnya pembelajaran. siswa yang berdisiplin akan dengan mudah dan sungguh-sungguh dalam belajar karena adanya kesadaran akan pentingnya belajar. Disiplin akan menciptakan ketertiban, dan tanpa disiplin akan menimbulkan kehancuran. Membentuk disiplin pada anak membutuhkan proses panjang, dengan memberikan pembinaan agam kepada anak sejak kecil dapat menumbuhkan jiwa disiplin pada anak, karena dalam proses pembinaan agama terdapat pembiasaan-pembiasaan aktivitas ibadah yang dilakukan secara kontinya dalam konteks mematuhi perintah Allah Azza Wa Zalla. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orangtua dalam memberikan pembinaan agama, mengetahui disiplin belajar siswa, mengetahui tingkat hubungan orangtua dalam pembinaan agama dengan disiplin belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Unyur Kota Serang dengan populasi sebesar 289 siswa dan yang dijadikan sampel sebanyak 43 siswa yang tersebar di kelas 4, 5, dan 6. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional yaitu mencari hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan angket. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini adalah : berdasarkan analisi korelasi product moment di peroleh nilai korelasi sebesar 0,98. Hal ini menunjukan bahwa antara orangtua dalam pembinaan agama dengan disiplin belajar siswa terdapat korelasi yang sangat tinggi, dengan kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 96% dengan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang dapat diteliti kembali.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Orangtua, Pembinaan Agama, Disiplin Belajar
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Jul 2022 07:47
Perubahan Terakhir: 29 Jul 2022 04:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9027

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.