Perlindungan Konsumen Travel Umrah Akibat Covid-19 Perspektif Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Maqashid Syariah (Studi Di PT. Rachmatoellah Semesta Alam Tour & Travel)

Rubiyanti, Febby (2022) Perlindungan Konsumen Travel Umrah Akibat Covid-19 Perspektif Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Maqashid Syariah (Studi Di PT. Rachmatoellah Semesta Alam Tour & Travel). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_171130149_Cover.pdf

Download (98kB)
[img] Teks
S_HES_171130149_Lampira Depan.pdf

Download (475kB)
[img] Teks
S_HES_171130149_Bab I.pdf

Download (463kB)
[img] Teks
S_HES_171130149_Bab II.pdf

Download (525kB)
[img] Teks
S_HES_171130149_Bab III.pdf

Download (275kB)
[img] Teks
S_HES_171130149_Bab IV.pdf

Download (137kB)
[img] Teks
S_HES_171130149_Bab V.pdf

Download (94kB)
[img] Teks
S_HES_171130149_Daftar Pustaka.pdf

Download (164kB)

Abstrak

Indonesia masih mengalami bencana non alam yaitu pandemi covid-19. Pandemi covid-19 ini berdampak pada semua bidang kehidupan, terutama perekonomian pada travel umrah. Salah satu travel umrah di kota Serang yang terdampak adalah PT. Rachmatoellah Semesta Alam Tour & Travel. Perlindungan konsumen dalam hal ini adalah bagaimana travel umrah mengambil tindakan terhadap calon jamaah yang keberangkatan umrahnya dibatalkan akibat covid-19. Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan maqashid syariah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah bentuk tanggung jawab travel umrah terhadap konsumen yang batal berangkat akibat covid-19 di PT. Rachmatoellah Semesta Alam Tour & Travel? (2) Bagaimanakah perlindungan konsumen travel umrah akibat covid-19 di PT. Rachmatoellah Semesta Alam Tour & Travel dalam perspektif Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Maqashid Syariah? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bentuk tanggung jawab travel umrah terhadap konsumen yang batal berangkat akibat covid-19 di PT. Rachmatoellah Semesta Alam Tour & Travel. (2) Perlindungan konsumen travel umrah akibat covid-19 di PT. Rachmatoellah Semesta Alam Tour & Travel dalam perspektif Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Maqashid Syariah. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan, Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan yuridis sosiologis, teknik pengumpulan data dengan observasi di PT. Rachmatoellah Semesta Alam, wawancara dengan pemilik, penanggung jawab dan konsumen PT. Rachmatoellah Semesta Alam, dan dokumentasi berupa foto. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data serta verifikasi dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Bentuk Tanggung jawab yang diberikan PT. Rachmatoellah Semesta Alam kepada jamaahnya memberikan dua pilihan sesuai dengan aturan yang berlaku yaitu tetap menunggu keberangkatan umrah di buka kembali atau dikembalikan dananya sesuai aturan dan ketentuan dari Travel dengan mengikuti kebijakan dan aturan dari Saudi Arabia dan pemerintah Indonesia. (2) PT. Rachmatoellah Semesta Alam berupaya memberikan perlindungan hukum dengan menjadwal ulang keberangkatan umrah dan menjalin komunikasi yang baik dengan calon jamaah. Maka hal ini sejalan dengan maqashid syariah yang ingin mewujudkan kemaslahatan bagi para calon jamaah dengan menjaga jiwa (H}ifz} al-Nafs) dan menjaga harta (H}ifz} al- Ma>l)

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 13 Jul 2022 03:08
Perubahan Terakhir: 13 Jul 2022 03:08
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8865

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.