Syapuroh, Siti (2022) Pengaruh Persepsi Risiko Dan Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan Pembayaran Digital. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_EIS_161410224_Cover.pdf Download (100kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_EIS_161410224_Lampiran Depan.pdf Download (909kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_EIS_161410224_Bab I.pdf Download (232kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_EIS_161410224_Bab II.pdf Download (279kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_EIS_161410224_Bab III.pdf Download (392kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_EIS_161410224_Bab IV.pdf Download (407kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_EIS_161410224_Bab V.pdf Download (85kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_EIS_161410224_Daftar Pustaka.pdf Download (170kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Sistem pembayaran merupakan bagian komponen terpenting dalam suatu perekonomian khususnya dalam menjamin tercapainya transaksi pembayaran yang dilakukan masyarakat dan kegiatan usaha. Sistem pembayaran juga berperan penting dalam terciptanya stabilitas sistem keuangan dan pelaksanaan kebijakan moneter. Bank Indonesia melakukan kebijakan yang berfokus pada empat aspek utama yaitu peningkatan keamanan, efisiensi, perluasan akses dalam sistem pembayaran dan memperhatikan perlindungan konsumen. Hal ini ditunjukan dengan semakin meningkatnya masyarakat yang menggunakan internet dalam berbagai bidang kehidupannya, mulai dari edukasi, kesehatan dan ekonomi. Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui persepsi risiko dan kemudahan berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan pembayaran digital. Penelitian ini dilakukan di kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten dengan data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner online dan offline. Dengan model regresi linier berganda, analisis statistik deskriptif , uji asumsi klasik, uji T, serta uji F dengan bantuan aplikasi pengolah data SPSS versi 22. Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Persepsi risiko tidak berpengaruh positif terhadap minat penggunaan pembayaran digital. Hal tersebut dikarenakan nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,020 > 0,05 maka hasil hipotesis penelitian ini menerima H0 dan menolak Ha. Maka variabel persepsi risiko memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap minat penggunaan pembayaran digital. Persepsi kemudahan terbukti berpengaruh positif terhadap minat penggunaan pembayaran digital. Dibuktikan dengan nilai signifikan pada uji t sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka variabel persepsi kemudahan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat penggunaan pembayaran digital.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Persepsi Risiko, Kemudahan, Minat Penggunaan |
Subjek: | 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 30 Jun 2022 04:36 |
Perubahan Terakhir: | 30 Jun 2022 04:36 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8834 |
Actions (login required)
Lihat Item |