Efektivitas Layanan dan Efektivitas Peningkatan Jumlah Nasabah Menggunakan Aplikasi Pegadaian Syariah Digital Service (PSDS) Pada PT Pegadaian Syariah Kepandean Serang

Maulida, Firda (2022) Efektivitas Layanan dan Efektivitas Peningkatan Jumlah Nasabah Menggunakan Aplikasi Pegadaian Syariah Digital Service (PSDS) Pada PT Pegadaian Syariah Kepandean Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410103_Cover.pdf

Download (217kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410103_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410103_Bab 1.pdf

Download (792kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410103_Bab 2.pdf

Download (478kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410103_Bab 3.pdf

Download (487kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410103_Bab 4.pdf

Download (492kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410103_Bab 5.pdf

Download (210kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410103_Daftar Pustaka.pdf

Download (422kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kemajuan Teknologi Informasi mengharuskan semua bidang untuk melakukan digitalisasi dan menciptakan inovasi. Dalam dunia bisnis, inovasi yang dilakukan dengan meluncurkan layanan aplikasi berbasis online. Salah satunya PT Pegadaian Syariah. Hal ini mengharuskan seluruh masyarakat untuk melek digital. Namun, pada kenyataannya masih rendahnya literasi digital dikalangan masyarakat dan juga masih kurangnya pengetahuan masyarakat pada aplikasi ini. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana efektivitas layanan dan juga efektivitas peningkatan jumlah nasabah dengan menggunakan aplikasi Pegadaian Syariah Digital Service (PSDS) pada PT Pegadaian Syariah Kepandean Serang. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana efektivitas layanan dan efektivitas peningkatan jumlah nasabah menggunakan aplikasi PSDS pada PT Pegadaian Syariah Kepandean Serang Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian yaitu field research dengan mendapatkan langsung data ke lapangan untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya. Waktu penelitian berlangsung pada bulan November 2021 – Mei 2022. Penelitian ini menggunakan dua data yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, dan dokumentasi seperti arsip, brosur, dan sebagainya. Teknik analisis data menggunakan analisis Model Miles dan Huberman. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada efektivitas layanan menggunakan aplikasi PSDS yang ditinjau melalui 7 dimensi terdapat 2 hal yang belum terpenuhi secara maksimal yaitu reliabilitas dan fulfillment. Pada reliabilitas, masih banyak ditemui error system saat bertransaksi menggunakan aplikasi ini yang belum berfungsi semestinya. Selain itu, masih terdapat fitur yang belum diaktivasi yaitu fitur gadai (rahn). Pada dimensi fulfillment, terdapat beberapa nasabah yang mempermasalahkan terkait kecepatan dan ketepatan dalam melakukan pelayanan. Untuk mencapai efektivitasnya juga ditinjau dari pelaksanaan fungsi manajemennya yang terdiri dari planning, organizing, actuating, controlling. Sedangkan dalam efektivitas peningkatan jumlah nasabah menggunakan aplikasi ini masih belum efektif karena tidak terdapat peningkatan secara signifikan antara sebelum dan sesudah adanya aplikasi ini. Juga, masih berfokus pada peralihan nasabah lama. Hal ini dibuktikan juga dengan pernyataan Pimpinan Cabang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Efektivitas, Layanan, Nasabah, Pegadaian Syariah Digital Service (PSDS)
Subjek: 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 29 Jun 2022 06:36
Perubahan Terakhir: 29 Jun 2022 06:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8808

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.