Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Komitmen Nasabah Menjaga Kolektibilitas Pembiayaan Pada Bank BTN Syariah KC Serang

Partika, Nila (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Komitmen Nasabah Menjaga Kolektibilitas Pembiayaan Pada Bank BTN Syariah KC Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
Cover.pdf

Download (22kB)
[img] Teks
Lampiran Depan.pdf

Download (671kB)
[img] Teks
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Teks
BAB II.pdf

Download (563kB)
[img] Teks
BAB III.pdf

Download (349kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf

Download (878kB)
[img] Teks
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Teks
Daftar Pustaka.pdf

Download (642kB)

Abstrak

Kualitas pelayanan yang maksimal akan menciptakan kepuasan yang dirasakan oleh nasabah karena nasabah mempunyai keinginan yang selalu harus dipenuhi dan dipuaskan. Dalam hal ini komitmen nasabah juga memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan untuk menjaga kolektibilitas pembiayaan perusahaan. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana Pengaruh Tangible (Bukti Langsung) Terhadap Komitmen Nasabah Menjaga Kolektibilitas Pembiayaan Pada Bank BTN Syariah KC Serang ?. 2). Bagaimana Pengaruh Emphaty (Perhatian) Terhadap Komitmen Nasabah Menjaga Kolektibilitas Pembiayaan Pada Bank BTN Syariah KC Serang ?. 3). Bagaimana Pengaruh Reliability (Keyakinan) Terhadap Komitmen Nasabah Menjaga Kolektibilitas Pembiayaan Pada Bank BTN Syariah KC Serang ?. 4). Bagaimana Pengaruh Responsiveness (Daya Tanggap) Terhadap Komitmen Nasabah Menjaga Kolektibilitas Pembiayaan Pada Bank BTN Syariah KC Serang ?. 5). Bagaimana Pengaruh Assurance (Jaminan) Terhadap Komitmen Nasabah Menjaga Kolektibilitas Pembiayaan Pada Bank BTN Syariah KC Serang ?. 6). Bagaimana Pengaruh Tangible (Bukti Langsung), Emphaty (Perhatian), Reliability (Keyakinan), Responsiveness (Daya Tanggap) dan Assurance (Jaminan) Secara Bersamaan Terhadap Komitmen Nasabah Menjaga Kolektibilitas Pembiayaan Pada Bank BTN Syariah KC Serang?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Menelaah Pengaruh Tangible (Bukti Langsung) Terhadap Komitmen Nasabah Menjaga Kolektibilitas Pembiayaan Pada Bank BTN Syariah KC Serang. 2). Menelaah Pengaruh Emphaty (Perhatian) Terhadap Komitmen Nasabah Menjaga Kolektibilitas Pembiayaan Pada Bank BTN Syariah KC Serang. 3). Menelaah Pengaruh Reliability (Kehandalan) Terhadap Komitmen Nasabah Menjaga Kolektibilitas Pembiayaan Pada Bank BTN Syariah KC Serang. 4). Menelaah Pengaruh Responsiveness (Daya Tanggap) Terhadap Komitmen Nasabah Menjaga Kolektibilitas Pembiayaan Pada Bank BTN Syariah KC Serang. 5). Menelaah Pengaruh Assurance (Jaminan) Terhadap Komitmen Nasabah Menjaga Kolektibilitas Pembiayaan Pada Bank BTN Syariah KC Serang. 6). Menelaah Pengaruh Tangible (Bukti Langsung), Emphaty (Perhatian), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap) dan Assurance (Jaminan) Secara Bersamaan Terhadap Komitmen Nasabah Menjaga Kolektibilitas Pembiayaan Pada Bank BTN Syariah KC Serang. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dimana metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kolektibilitas pembiayaan murabahah yang ditampilkan dalam bentuk persamaan regresi linier berganda. Metode uji asumsi klasik diantaranya uji normalitas dengan Kolmogrov-Smirnoov, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi dan uji multikolinearitas. Selain itu menggunakan uji kecocokan model yaitu uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi serta menggunakan uji hipotesis yaitu uji f simultan dan uji t parsial. Kesimpulannya pengujian hipotesis yaitu: 1). Variabel Bukti Langsung (Tangible) tidak memiliki pengaruh terhadap Komitmen Nasabah Menjaga Kolektibilitas Pembiayaan yang dibuktikan dengan T hitung sebesar 1,249 < T tabel 1,985. 2). Variabel Perhatian (Emphaty) tidak memiliki pengaruh terhadap Komitmen Nasabah Menjaga Kolektibilitas Pembiayaan yang dibuktikan dengan T hitung sebesar 1,118 < T tabel 1,985. 3). Variabel Kehandalan (Reliability) memiliki pengaruh terhadap Komitmen Nasabah Menjaga Kolektibilitas Pembiayaan yang dibuktikan dengan T hitung sebesar 2,176 > T tabel 1,985. 4). Variabel Daya Tanggap (Responsiveness) memiliki pengaruh terhadap Komitmen Nasabah Menjaga Kolektibilitas Pembiayaan yang dibuktikan dengan T hitung sebesar 2,010 > T tabel 1,985. 5). Variabel Jaminan (Assurance) tidak memiliki pengaruh terhadap Komitmen Nasabah Menjaga Kolektibilitas Pembiayaan yang dibuktikan dengan T hitung 1,295 < T tabel 1,985. 6). Variabel Bukti Langsung (Tangible), Perhatian (Emphaty), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), dan Jaminan (Assurance) secara Simultan berpengaruh terhadap Komitmen Nasabah Menjaga Kolektibilitas Pembiayaan yang dibuktikan dengan F hitung 23,800 > F tabel 2,31.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I: Dr. Chairul Akmal, S.E., M.M Pembimbing II: Mochamad Indrajit Roy, M.M
Kata Kunci (keywords): kualitas pelayanan, bukti langsung (tangible), perhatian (emphaty), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan komitmen nasabah menjaga kolektibilitas pembiayaan.
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 10 Mei 2022 06:34
Perubahan Terakhir: 10 Mei 2022 06:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8558

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.