Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Quran terhadap Muslimah Dewasa Awal (Studi Kasus di Rumah Tahfidz Daarul Arqam Taman Graha Asri Kota Serang)

Aprilia, Alga Dwi (2022) Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Quran terhadap Muslimah Dewasa Awal (Studi Kasus di Rumah Tahfidz Daarul Arqam Taman Graha Asri Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Cover.pdf

Download (101kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Lampiran Depan.pdf

Download (493kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf

Download (464kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf

Download (395kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf

Download (242kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf

Download (323kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf

Download (94kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Al-Quran adalah kitab Allah yang tak pernah lekang oleh waktu, kita ummat islam harus senantiasa berusaha untuk bisa membacanya. Pada Zaman ini, banyak dijumpai ummat islam belum bisa membaca Alquran, hal ini tentu menjadi suatu keprihatinan. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1).. Bagaimana kondisi bacaan Al Qur’an pada muslimah dewasa awal di Rumah Tahfidz Daarul Arqam? 2). Bagaimana penerapan layanan konseling kelompok dalam menangani masalah kurangnya kemampuan membaca Al Qur’an pada muslimah dewasa awal di Rumah Tahfidz Daarul Arqam? 3). Bagaimana hasil layanan konseling kelompok dalam menangani masalah kurangnya kemampuan membaca Al Qur’an pada muslimah dewasa awal di Rumah Tahfidz Daarul Arqam? Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Konseling Kelompok. Teknik penggumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara terbuka. 1)Kondisi bacaan Al Qur’an muslimah dewasa awal di Rumah Tahfidz Daarul Arqam dalam katagori kurang baik, karena Muslimah dewasa awal di Rumah Tahfidz Daarul arqam, banyak yang belum bisa membaca Alquran, oleh karena itu, ini menjadi alasan awal mereka untuk belajar di Rumah Tahfidz Daarul Arqam, mereka belum bisa baca makhrijul huruf, sifat huruf, hukum tajwid dan lain sebagainya. 2)Layanan konseling kelompok pada muslimah dewasa awal di Rumah Tahfidz Daarul Arqam dibagi menjadi beberapa tahapan. Pertama, pra konseling, tahap ini dianggap sebagai tahap pembentukan kelompok.kedua, tahap permulaan yaitu perkenalan, pengungkapan tujuan yang ingin dicapai, penjelasan aturan dan penggalian ide dan perasaan. Ketiga, tahap peralihan yaitu konselor mulai membuka masalah yang dialami konseli. Keempat, tahap kerja yaitu konselor dan konseli berusaha memecahkan masalah yang ada. Kelima, tahap akhir yaitu Tahap ini adalah tahapan dimana anggota kelompok mulai mencoba perilaku baru yang telah mereka pelajari dan dapatkan dari kelompok. Keenam, Jika proses konseling kelompok telah berakhir, sebaiknya konselor menetapkan adanya evaluasi sebagai bentuk tindak lanjut dari konseling kelompok.3) Hasil konseling kelompok untuk meningkatkan kemampuan baca Alquran terhadap muslimah dewasa awal terlihat dari perubahan perilaku muslimah. Mulai mau meluangkan waktu baca Alquran, mau memulai memperbaiki diri untuk lebih rajin. Muslimah mulai bisa membaca huruf hijaiyyah dan hukum tajwidnya dengan benar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I: Dr. Muhammad Afif Bahaf, M.A. Pembimbing II: Drs. Muzayan, M.Si
Kata Kunci (keywords): muslimah dewasa awal, konseling kelompok, kemampuan membaca Al Qur’an
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran > 2x1.12 Ilmu-ilmu qiraat > 2x1.121 Tajwid
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.1 Falsafah > 2x7.15 Ilmu jiwa agama Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 21 Apr 2022 02:59
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 06:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8516

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.