PENGEMBANGAN MEDIA UPINCA (ULAR PINTAR CERIA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG SISWA (R&D di Kelas II SDN Bakung Turus)

Azzahra, Ratu Fakhriyah (2022) PENGEMBANGAN MEDIA UPINCA (ULAR PINTAR CERIA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG SISWA (R&D di Kelas II SDN Bakung Turus). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Cover.pdf

Download (130kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Lampiran Depan.pdf

Download (863kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf

Download (312kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf

Download (417kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf

Download (519kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf

Download (761kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf

Download (157kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Daftar Pustaka.pdf

Download (148kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca, menulis, berhitung (calistung) pada siswa kelas II SDN Bakung Turus. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya usaha untuk berlatih dari peserta didik dan masih kurangnya media pembelajaran di kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana prosedur pengembangan media upinca (ular pintar ceria) untuk meningkatkan kemampuan calistung pada siswa kelas II SDN Bakung Turus?, 2) Bagaimana kelayakan media upinca (ular pintar ceria) untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran di kelas II SDN Bakung Turus?, 3) Bagaimana keefektifan media untuk meningkatkan kemampuan calistung pada siswa kelas II SDN Bakung Turus?. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui prosedur pengembangan media upinca (ular pintar ceria) untuk meningkatkan kemampuan calistung pada siswa kelas II SD Negeri Bakung Turus, 2) mengetahui kelayakan media upinca (ular pintar ceria) untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran di kelas II SDN Bakung Turus, 3) mengetahui keefektifan media untuk meningkatkan kemampuan calistung pada siswa kelas II SDN Bakung Turus. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, angket, tes kemampuan calistung, dan instrumen validasi para pakar. Populasi dalam penelitian ini adalah 21 siswa kelas II SDN Bakung Turus. Adapun sampel ditetapkan sebanyak 12 orang dengan teknik purposive. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Prosedur pengembangan media upinca (ular pintar ceria) menggunakan metode penelitian dan pengembangan 4D (Four Models) menurut Thiagarajan, dengan langkah-langkah sebagai berikut: (a) define (pendefinisian), (b) design (perancangan), (c) develop (pengembangan), dan (d) disseminate (penyebaran). 2) kelayakan media upinca (ular pintar ceria) memperoleh nilai keseluruhan dari para validator sebesar 91% dengan kategori sangat baik dan layak digunakan. 3) Berdasarkan uji coba dilapangan memperoleh hasil pretest 39,1 dan setelah menggunakan media upinca memperoleh hasil posttest 80,8. Berdasarkan hasil tersebut menujukan media upinca ini layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan calistung siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I: Dr. Hj. Enung Nugraha, M.Pd Pembimbing II: H. Mansur, M.Pd
Kata Kunci (keywords): media pembelajaran, media upinca (ular pintar ceria), kemampuan calistung
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 18 Apr 2022 04:33
Perubahan Terakhir: 18 Apr 2022 04:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8496

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.