Azzahra, Ratu Fakhriyah (2022) PENGEMBANGAN MEDIA UPINCA (ULAR PINTAR CERIA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG SISWA (R&D di Kelas II SDN Bakung Turus). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
Cover.pdf Download (130kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Lampiran Depan.pdf Download (863kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Download (312kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB II.pdf Download (417kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB III.pdf Download (519kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB IV.pdf Download (761kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB V.pdf Download (157kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Daftar Pustaka.pdf Download (148kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca, menulis, berhitung (calistung) pada siswa kelas II SDN Bakung Turus. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya usaha untuk berlatih dari peserta didik dan masih kurangnya media pembelajaran di kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana prosedur pengembangan media upinca (ular pintar ceria) untuk meningkatkan kemampuan calistung pada siswa kelas II SDN Bakung Turus?, 2) Bagaimana kelayakan media upinca (ular pintar ceria) untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran di kelas II SDN Bakung Turus?, 3) Bagaimana keefektifan media untuk meningkatkan kemampuan calistung pada siswa kelas II SDN Bakung Turus?. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui prosedur pengembangan media upinca (ular pintar ceria) untuk meningkatkan kemampuan calistung pada siswa kelas II SD Negeri Bakung Turus, 2) mengetahui kelayakan media upinca (ular pintar ceria) untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran di kelas II SDN Bakung Turus, 3) mengetahui keefektifan media untuk meningkatkan kemampuan calistung pada siswa kelas II SDN Bakung Turus. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, angket, tes kemampuan calistung, dan instrumen validasi para pakar. Populasi dalam penelitian ini adalah 21 siswa kelas II SDN Bakung Turus. Adapun sampel ditetapkan sebanyak 12 orang dengan teknik purposive. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Prosedur pengembangan media upinca (ular pintar ceria) menggunakan metode penelitian dan pengembangan 4D (Four Models) menurut Thiagarajan, dengan langkah-langkah sebagai berikut: (a) define (pendefinisian), (b) design (perancangan), (c) develop (pengembangan), dan (d) disseminate (penyebaran). 2) kelayakan media upinca (ular pintar ceria) memperoleh nilai keseluruhan dari para validator sebesar 91% dengan kategori sangat baik dan layak digunakan. 3) Berdasarkan uji coba dilapangan memperoleh hasil pretest 39,1 dan setelah menggunakan media upinca memperoleh hasil posttest 80,8. Berdasarkan hasil tersebut menujukan media upinca ini layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan calistung siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing I: Dr. Hj. Enung Nugraha, M.Pd Pembimbing II: H. Mansur, M.Pd |
Kata Kunci (keywords): | media pembelajaran, media upinca (ular pintar ceria), kemampuan calistung |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 18 Apr 2022 04:33 |
Perubahan Terakhir: | 18 Apr 2022 04:33 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8496 |
Actions (login required)
Lihat Item |