PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN METODE UMMI DAN TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TAHSIN AL - QUR’AN (Penelitian di SDIT Irsyadul ‘Ibad dan SDIT Insan Cendekia Mathla’ul Anwar Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten)

Isra, Isra (2022) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN METODE UMMI DAN TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TAHSIN AL - QUR’AN (Penelitian di SDIT Irsyadul ‘Ibad dan SDIT Insan Cendekia Mathla’ul Anwar Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Cover.pdf

Download (222kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Lampiran Depan.pdf

Download (643kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Bab I.pdf

Download (372kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Bab II.pdf

Download (692kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Bab III.pdf

Download (245kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Bab IV.pdf

Download (513kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Bab V.pdf

Download (159kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Daftar Pustaka.pdf

Download (239kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan tingkat efektivitas metode ummi dan tilawati dalam meningkatkan kemampuan Tahsin Al - Qur’an (Penelitian di SDIT Irsyadul ‘Ibad dan SDIT Insan Cendekia Mathla’ul Anwar Pandeglang). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mixed method) dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Jumlah populasi secara keseluruhan adalah 40 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan random sampling, pada siswa kelas IV dan V di SDIT Irssyadul ‘Ibad 20 siswa, SDIT Insan Cendekia Mathla’ul Anwar 20 siswa. Analisis data secara statistik dengan membandingkan skor dari metode ummi di SDIT Irsyadul ‘Ibad dan metode tilawati di SDIT Insan Cendekia Mathla’ul Anwar Pandeglang. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Setelah dihitung dengan membandingkan skor pre-tes dan nilai post-tes bahwa pada metode tilawati (t.Hit 0,22) sedangkan pada metode ummi (t.Hit 0,26) maka metode ummi mempunyai keefektifan lebih tinggi dari pada metode tilawati 2). Faktor pendukung dari metode ummi dan tilwati tidak jauh berbeda ialah sarana dan sumber belajar yang memadai. Sedangkan faktor penghambat yaitu ada yang berasal dari intrinsik siswa dan ekstrinsik siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Informasi Tambahan: Pembimbing I: Dr. Hj. Hunainah, M.M. PEmbimbing II: Dr. H. Badrudin, M.Ag.
Kata Kunci (keywords): perbandingan, efektivitas, pembelajaran, metode ummi, metode tilawati dan tahsin al-qur’an
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran > 2x1.12 Ilmu-ilmu qiraat > 2x1.129 Musabaqoh Tilawatil Quran, Musabaqah Hifdzil Quran)
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 08 Apr 2022 02:19
Perubahan Terakhir: 08 Apr 2022 02:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8440

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.