Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Cilegon.

Hasyim, Bani (2022) Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (108kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAGIAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (602kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (320kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (756kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III .pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (237kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (296kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (79kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (154kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Bani Hasyim, NIM : 171210099, Judul Skripsi : Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Cilegon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Cilegon, dan manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan dapat menambah kekayaan wawasan ilmu pengetahuan dalam bidang moderasi beragama terutama dalam hal penananam nilai-nilai moderasi beragamanya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah guna mencapai tujuan yang diinginkan dan dapat dijadikan sebagai acuan dan bahan pertimbangan untuk penelitian yang sejenisnya yang akan datang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan ialah analisis isi (content analysis) yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa moderasi beragama merupakan suatu kegiatan yang memposisikan dirinya di tengah dalam kehidupannya sebagai penganut agama untuk menghindari perilaku ekstrim terhadap pemeluk agama lain, sehingga memunculkan sifat gotong royong antara penganut keyakinan berbeda dan kemampuan hidup berdampingan serta berdaulat satu sama lainnya. Penananaman nilai-nilai moderasi beragama di SMA Negeri 5 Cilegon saat ini sudah dilaksanakan dengan cukup baik yaitu di antaranya penanaman nilai-nilai moderasi beragama melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, kemudian melalui budaya sekolah dan melalui interaksi sosial warga sekolah. Simpulan penelitian ini ialah penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Cilegon sudah ditanamkan kepada peserta didik melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, budaya sekolah dan interaksi sosial warga sekolah di SMA Negeri 5 Cilegon.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Penanaman Nilai, Moderasi Beragama, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 16 Mar 2022 07:43
Perubahan Terakhir: 16 Mar 2022 07:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8245

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.