Suriadi, Amran (2022) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Sumber Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Madrasah Aliyah Al-Ittihad Tanara Serang Banten. Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Amran Suriadi, NIM : 1540100345., Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Sumber Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Madrasah Aliyah Al-Ittihad Tanara Serang Banten. TESIS. Serang: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasasnuddin Banten, 2020. Penelitan ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis: 1) tingkat hasil belajar aqidah akhlak, 2) tingkat kegiatan kemampuan guru dalam memanfaatkan sumber belajar, 3) tingkat motivasi belajar, 4) pengaruh kemampuan guru dalam memanfaatkan sumber belajar terhadap hasil belajar aqidah aklak, 5) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar aqidah akhlak, 6) pengaruh kemampuan guru dalam memanfaatkan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar aqidah akhlak. Metode penelitian adalah survei kuantitatif menggunakan analisis korelasional dan regresional. Populasi berjumlah 494 orang. Metode pengambilan sampel secara acak sederhana dan poroporsional. Sampel sebanyak 50 orang siswa. Data variabel hasil belajar Aqidah Akhlak diperoleh melalui tes hasil belajar harian, ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Sedangkan data variabel kemampuan guru dalam memanfaatkan sumber belajar dan motivasi belajar diperoleh melalui angket. Uji validitas instrumen menggunakan perhitungan product moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan perhitungan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, tingkat hasil belajar aqidah akhlak adalah tinggi mencapai 89,90%; kedua, tingkat kemampuan guru dalam memanfaatkan sumber belajar adalah tinggi mencapai 74,15%; ketiga, tingkat motivasi belajar adalah tinggi mencapai 64,87%; keempat, terdapat pengrauh positif dan signifikan kemampuan guru dalam memanfaatkan sumber belajar terhadap hasil belajar aqidah akhlak, kontribusi kemampuan guru dalam memanfaatkan sumber belajar terhadap hasil belajara aqidah akhlak sebesar 25%; kelima, terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar aqidah akhlak, kontribusi motivasi belajar terhasap hasil belajar aqidah akhlak sebesar 29%; keenam, terdapat pengaruh kemampuan guru dalam memanfaatkan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar aqidah akhlak, kontribusi kegiatan kemampuan guru dalam memanfaatkan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar aqidah akhlak sebesar 37%. Peningkatan hasil belajar aqidah akhlak dapat dilakukan melalui peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan sumber belajar dan motivasi belajar peserta didik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 15 Mar 2022 08:16 |
Perubahan Terakhir: | 15 Mar 2022 08:16 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8211 |
Actions (login required)
Lihat Item |