Kontribusi metode pembelajaran diskusi dan sorogan untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab fath al-qorib (Studi di Pondok Pesantren Attoyyibiyyah Cikande Kabupaten Serang)

Aliudin, Aliudin (2022) Kontribusi metode pembelajaran diskusi dan sorogan untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab fath al-qorib (Studi di Pondok Pesantren Attoyyibiyyah Cikande Kabupaten Serang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (978kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (375kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (540kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (515kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (213kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (258kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Aliudin, NIM:172012081. “Kontribusi metode pembelajaran diskusi dan sorogan untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab fath al-qorib (Studi di Pondok Pesantren Attoyyibiyyah Cikande Kabupaten Serang). Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab fath al- qorib di Pondok Pesantren Attoyyibiyyah Cikande Kabupaten Serang dengan metode diskusi dan sorogan dalam proses pembelajaran. Adapun penelitian ini bertolak dari pemikiran dasar bahwa metode diskusi dan sorogan akan memberikan kontribusi untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab fath al-qorib, sehingga perkembangan dan pemahaman santri mengenai materi pembelajaran dapat dipahami secara maksimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mix method research dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Responden sebanyak 40 santri, pengumpulan data menggunakan angket dan tes untuk mengetahui kontribusi peningkatan kemampuan membaca kitab fath al-qorib. Penelitian ini berlangsung dari semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dan Subyek penelitian ini adalah santri Attoyyibiyyah Cikande, Teknik analisis data kualitatif yang digunakan adalah teknik triangulasi data, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan sedangkan data kuantitatif dengan analisis statistik. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Pelaksanaan metode diskusi dilaksanakan tiga kali dalam sepekan yaitu; setiap malam Sabtu, malam Senin dan malam rabu Pukul 20.00 WIB – 22.00 WIB bersama Ustadz Arif Muzaki.,S.Pd.I.,MM.Pd selaku Pengajar, kitab yang dikaji adalah kitab “Fath Al-qorib” sementara setiap pagi harinya selain hari jum‟at dilaksanakan diskusi bersama sesama santri yang tujuannya untuk penguatan materi. Teknik pelaksanaan; pertama, santri duduk dalam majlis, santri yang mendapat tugas diskusi maju ke depan. kedua, diawali dengan do‟a, selanjutnya membaca materi yang akan disampaikan dan murodi. Ketiga, Santri dipersilahkan untuk bertanya, kemudian didiskusikan, selanjutnya ustadz menjelaskan materinya dan terakhir diakhiri dengan do‟a. 2) Pelaksanaan metode sorogan dilaksanakan setiap senin sore bersama KH. Ahmad Nasuhi Anwar.,S.Pd.I kitab yang dikaji adalah kitab “Fath Al-qorib” sementara setiap pagi selain Jum‟at bersama para asatidz adalah kitab “Awamil dan Jurumiyah”. Teknik pelaksanaan; pertama, dilaksanakan dengan cara santri membacakan kembali kitab yang sudah dibacakan oleh Ustadz. kedua, sang guru menyimak bacaan santri dari segi tarkib, I‟rob dan penjelasan materi. 3) Kontribusi metode diskusi dan sorogan untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab fath al-qorib dapat dilihat dari besar kontribusi metode diskusi yaitu 94% dan metode sorogan sebesar 40,96% 4) Kontribusi perbandingan metode diskusi dan sorogan untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab fath al-qorib dilihat dari besarnya kontribusi kedu metode ini metode diskusi lebih besar kontribusinya dibandingkan metode sorogan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Metode, Diskusi, Sorogan, Membaca, kitab fath al-qorib.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 11 Mar 2022 03:55
Perubahan Terakhir: 11 Mar 2022 03:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8205

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.