Implementasi kurikulum 2013 Dalam peningkatan mutu pembelajaran bidang studi fikih; analisis pendekatan proses pembelajaran dan penilaian (Studi di MA Nurul Falah Talok Kresek Kabupaten Tangerang

Tosim, Tosim (2022) Implementasi kurikulum 2013 Dalam peningkatan mutu pembelajaran bidang studi fikih; analisis pendekatan proses pembelajaran dan penilaian (Studi di MA Nurul Falah Talok Kresek Kabupaten Tangerang. Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (103kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (780kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
3. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (402kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
4. BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (454kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
5. BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (190kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
6. BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (384kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
7. BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (96kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (176kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tosim, 1540100314, Implementasi kurikulum 2013 Dalam peningkatan mutu pembelajaran bidang studi fikih; analisis pendekatan proses pembelajaran dan penilaian (Studi di MA Nurul Falah Talok Kresek Kabupaten Tangerang), Tesis, Banten, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, UIN Sultan Maulana Hasanudin, Banten, 2020. Pendidikan memiliki nilai yang sangat strategis dan urgen dalam pembentukan suatu bangsa. Pendidikan itu juga berupaya untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa. Sebab lewat pendidikan tidak hanya berfungsi untuk how to know dan how to do, tetapi yang amat penting adalah how to be, supaya how to be berwujud, maka diperlukan transfer budaya dan kultur. Adapun kemajuan suatu bangsa diukur dari seberapa maju pendidikan yang telah dicapai. Konteks tersebut sama halnya dengan mesin pendidikan yang digelar di sekolah, apakah telah melakukan pencerahan terhadap anak-anak didik ataukah tidak. Yang jelas, sepanjang sejarah pendidikan dilakukan belum ada kemajuan luar biasa yang dapat disumbangkan di negeri kita. Sehingga sangat wajar apabila belum mampu menjadi tulang punggung bagi perubahan pemikiran anak- anak didik. Apa yang salah dalam persoalan tersebut?, Jawabannya berujung pada ketidakseriusan pembelajaran yang digelar dalam kelas. Aktivitas belajar mengajar yang masih mengandalkan pendekatan tekstual merupakan persoalan mendesak praktisi pendidikan untuk melakukan penanganan serius. Implementasi Kurikulum 2013 dengan Analisis Pendekatan Proses Pembelajaran dan Penilaian Penulis mencoba untuk menelaah sejauh mana implementasi ini dilaksanakan oleh guru di Madrasah Aliyah Nurul Falah Talok Kresek terkhusus pada mata pelajaran Fikih. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teori kurikulum formal dan menggunakan model penelitian kepustakaan dengan cara pengumpulan data dari berbagai literatur. Focus penelitian lebih ditekankan pada proses pembelajaran dan penilaian oleh guru bidang studi fikih. Peneliti menggunakan 3 macam teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian mengemukakan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran dan penilaian adalah sebagai berikut; (1) Metode yang digunakan masih bermuara pada metode ceramah dan metode tanya jawab, yang implementasinya masih belum maksimal dalam proses pembelajaran pada kurikulum 2013, (2) Komponen pada strategi pembelajaran dalam kurikulum 2013 telah dicanangkan dengan menggunakan pendekatan Student Learning Centre (siswa sebagai pusat belajar) dan bukan pada Teacher Learning Centre (Guru sebagai pusat belajar). (3) Komponen penilaian terhadap implementasi kurikulum 2013 bertujuan untuk mengkaji dan menerapkan yang dibuat oleh satuan pendidikan, rencana pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran. Berdasarkan data hasil nilai yang diperoleh dapat diketahui bahwa seluruh peserta didik harus mendapatkan nilai total di atas rata-rata batas standar penilaian atau di atas KKM (Kriteria Kelulusan Minimal). Jika nilai peserta didik di atas rata-rata maka menunjukan bahwa proses pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Nurul Falah Talok berjalan dengan sesuai harapan, yaitu dengan menunjukan hasil nilai siswa baik dan di atas standar penilaian. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis mengenai proses penilaian, dapat diketahui bahwasanya penilaian mempunyai arti penting dan manfaat yang besar terhadap peserta didik, pendidik, sekolah serta bagi orangtua peserta didik. Sehingga dengan adanya hasil penilaian ini peserta didik dapat mengukur kemampuannya sendiri.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Kurikulum 2013, Mutu Pembelajaran dan Penilaian
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 11 Mar 2022 03:52
Perubahan Terakhir: 11 Mar 2022 03:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8204

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.