Rizki, Karleni Welia (2022) Analisis Strategi Pemasaran Syariah Kuliner Sop Duren (Studi Kasus Sop Duren Pak Uban Kebon Jahe, Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Karleni Welia Rizki, Nim : 171410028, judul skripsi “Analisis Strategi Pemasaran Syariah Kuliner Sop Duren” (Studi Kasus Sop Duren Pak Uban Kebon Jahe, Kota Serang) Kedai sop duren pak uban ini juga didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang menyukai durian dimana karena durian adalah buah yang musiman yaitu hanya berbuah satu tahun sekali sehingga ingin membuat durian ini bisa di nikmati setiap saat, ketika kedai sop duren mulai didirikan terdapat masalah internal maupun eksternal dalam penjualan dan pemasaran sop duren ini sendiri. Rumusan masalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran Syariah pada Kedai Sop Duren Pak Uban Kebon Jahe, Kota Serang? 2) Apa strategi pemasaran yang perusahaan terapkan untuk meningkatkan volume penjualan produk pada Sop Duren Pak Uban Kebon Jahe, Kota Serang ? Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui strategi pemasaran Syariah pada Kedai Sop Duren Pak Uban Kebon Jahe, Kota Serang 2) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang perusahaan terapkan untuk meningkatkan volume penjualan produk pada Sop Duren Pak Uban Kebon Jahe, Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer di ambil dari wawancara langsung dengan pihak Kuliner Sop Duren Pak Uban. Data sekunder dimbil dari buku, jurnal, dan media lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari perspektif strategi pemasaran Islami, maka walaupun Kuliner Sop Duren Pak Uban Kebon Jahe Kota Serang menerapkan teori dan konsep strategi pemasaran konvensional, namun ternyata menerapkan juga strategi pemasaran Islami yang terdiri dari pertama, karakteristik pemasaran Islami; kedua, etika bisnis Islami; ketiga, mencontoh praktik pemasaran Nabi Muhammad SAW. Karakteristik pemasaran Islami yang diterapkan Kuliner Sop Duren Pak Uban adalah ketuhanan (tauhid), akhlak, realistis, humanistis. etika bisnis Islami yang diterapkan Kuliner Sop Duren Pak Uban yaitu produk yang halal dan thoyyib, produk yang berguna dan dibutuhkan, produk yang berpotensi ekonomi atau benefit, produk yang bernilai tambah yang tinggi, dalam jumlah yang berskala ekonomi dan sosial, produk yang dapat memuaskan masyarakat. Kuliner Sop Duren Pak Uban mencontoh praktik pemasaran Nabi Muhammad SAW mulai dari segmentasi dan targeting, positioning, sampai bauran pemasaran (marketing mix).
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Strategi, Pemasaran Syariah,Sop Duren. |
Subjek: | 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 11 Mar 2022 03:28 |
Perubahan Terakhir: | 11 Mar 2022 03:28 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8199 |
Actions (login required)
Lihat Item |