Albana, Hasan (2022) Dampak Keberadaan Minimarket Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Di Kecamatan Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Hasan Albana, NIM: 171410131, Judul Skripsi: Dampak Keberadaan Minimarket Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Di Kecamatan Serang. Mulanya bisnis ritel modern ini hanya menjangkau kota-kota besar di Indonesia, namun seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan ekonomi yang semakin meningkat, saat ini ritel modern telah menjangkau konsumen secara langsung kepedalaman desa, tidak dapat dipungkiri bahwasannya disetiap tempat strategis telah berdiri ritel modern seperti halnya di Kecamatan Serang saat ini, begitu menjamurnya minimarket seperti Alfamart dan Indomaret. Tentu saja kehadiran ritel modern seperti minimarket ini mempunyai dampak bagi para pengusaha mikro seperti para pedagang kaki lima yang berada disekitarnya. Dengan hadirnya minimarket di Kecamatan Serang, apakah akan berpengaruh terhadap pendapatan usaha-usaha mikro seperti pedagang kaki lima di sekitarnya sehingga penulis mengidentifikasi permasalahan yang ada yaitu banyaknya jumlah minimarket di Kecamatan Serang, hal ini sangat berpengaruh terhadap pendapatan usaha mikro di Kecamatan Serang, kemudian adanya faktor yang dapat mengakibatkan naik turunnya pendapatan usaha mikro di Kecamatan Serang. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis merumuskan masalah yang akan dijadikan bahan pada penelitian ini yaitu bagaimana dampak keberadaan minimarket terhadap pendapatan usaha mikro di Kecamatan Serang, Kota Serang? Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam bagaimana dampak keberadaan minimarket seperti Alfamart dan Indomaret terhadap pendapatan usaha mikro di Kecamatan Serang, Kota Serang. Penulis dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualiatif yaitu pengelolaan data yang bersifat uraian, argumentasi, dan pemaparan yang kemudian akan dianalisis. Penelitian ini menggunakan dua jenis sumber data yakni data primer dan data sekunder. Data primer adalah data empiric yang diperoleh dari lapangan atau seperti wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh melalui sumber-sumber bacaan ilmiah, atau literatur yang ada kaitannya dengan objek penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data karena dapat iii menunjuk kepada proses pemilihan, penyederhanaan, pemisahan, pemokusan, dan pentransformasian data yang masih mentah dari catatan tertulis di lapangan. Berdasarkan dari hasil analisis yang sudah dilaksanakan dalam melakukan penelitian tentang dampak keberadaan minimarket terhadap pendapatan usaha mikro di Kecamatan Serang, didapatkan bahwa adanya minimarket berdampak baik terhadap jumlah konsumen, omset penjualan, keuntungan dan jam buka usaha yang secara otomatis akan meningkatkan pendapatan. Semuanya meningkat secara perlahan seiring berjalannya waktu dan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Banyaknya minimarket yang didirikan di Kecamatan Serang memberikan peluang usaha bagi masyarakat dengan bermitra UMKM bersama minimarket. Menjamurnya minimarket di Kota Serang disebabkan karena Kota Serang memberikan toleransi nol jarak, karena Kota Serang merupakan Kota perlintasan dari Sumatera dan Jawa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Dampak, Minimarket, Usaha Mikro, Pendapatan. |
Subjek: | 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 10 Feb 2022 08:20 |
Perubahan Terakhir: | 10 Feb 2022 08:20 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8132 |
Actions (login required)
Lihat Item |