Takhrīj Ḥadīts Kitab Faḍā’il A’māl Karya Syeikh Maulānā Muḥammad Zakariyyā Al-Kāndahlawī (Studi Kritik Sanad Ḥadīṡ Dalam Bab Keutamaan Żikir)

Ajuhri, Sihab (2022) Takhrīj Ḥadīts Kitab Faḍā’il A’māl Karya Syeikh Maulānā Muḥammad Zakariyyā Al-Kāndahlawī (Studi Kritik Sanad Ḥadīṡ Dalam Bab Keutamaan Żikir). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (343kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2.LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (846kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (655kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (455kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (670kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (271kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (396kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Sihab Ajuhri, NIM: 171370032, Judul Skripsi: Takhrīj Ḥadīts Kitab Faḍā’il A’māl Karya Syeikh Maulānā Muḥammad Zakariyyā Al-Kāndahlawī (Studi Kritik Sanad Ḥadīṡ Dalam Bab Keutamaan Żikir), Jurusan Ilmu Hadis, Fakultas Ushuluddin dan Adab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Tahun 1442 H./2021 M. Kitab Faḍā’il A’māl ini ditulis oleh seorang ulama asal India, yaitu Maulānā Muḥammad Zakariyyā Al-Kāndahlawī. Hingga kini, kitab tersebut dijadikan sebagai sumber rujukan utama bagi Jamā‘ah Tablīġ dalam setiap aktifitas dakwahnya. Ḥadīṡ-ḥadīṡ yang menjadi dasar yang paling dominan dalam kitab ini belum tentu semuanya ṣaḥīḥ dari Nabi Muḥammad Ṣallallāh ‘alaih wasallam, karena kitab tersebut hanya tercantum matannya saja dan tidak terdapat keterangan mengenai rangkaian para perawi ḥadīṡ (sanad) ataupun keterangan terkait kualitas ḥadīṡ-ḥadīṡnya. Terlebih banyak beredar terjemahan kitab tersebut, namun pada keterangan ḥadīṡnya tidak diterjemahkan. Sehingga, bagi para pembaca yang awam akan kesulitan dan salah dalam memahaminya. Berdasarkan latar belakang di atas, penulis merasa tertarik untuk melakukan kajian yang mendalam terkait kualitas ḥadīṡ-ḥadīṡ yang terdapat di dalam kitab Faḍā’il A’māl dari segi sanadnya dan juga pandangan para ulama terkait eksistensi (keberadaan) kitab tersebut. Adapun rumusan masalahnya adalah: 1). Bagaimana kualitas sanad ḥadīṡ-ḥadīṡ tentang keutamaan żikir yang terdapat dalam kitab Faḍā’il A’māl ?, 2). Bagaimana hakikat kitab Faḍā’il A’māl dalam pandangan Jamā‘ah Tablīġ dan ulama Salafiyyah ? Penelitian ini bertujuan untuk menelisik otentisitas dan validitas Ḥadīṡ-ḥadīṡ yang terdapat dalam kitab Faḍā’il A’māl serta menempatkan secara proporsional kepada kedudukan yang semestinya terhadap kitab dan kandungan Ḥadīṡ-ḥadīṡ di dalamnya. Adapun pokok pembahasan dalam penelitian ini yaitu fokus terhadap kritik sanad ḥadīṡ yang hanya pada bab keutamaan żikir. Dalam bab ini terdapat 85 ḥadīṡ, namun penulis hanya akan meneliti ke-ṣaḥīḥ-an sanadnya yaitu sebanyak 8 (delapan) ḥadīṡ sebagai bahan sampel data. Penelitian ini merupakan bentuk kajian kepustakaan (library research) yang termasuk dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif-analitis dengan pendekatan takhrīj al-Ḥadīṡ dan historis (kajian Rijāl al-Ḥadīṡ) untuk mengkaji aspek otentisitas sanad ḥadīṡ. Dalam prosesnya penelitian ini akan menelaah kitab Faḍā’il A’māl sebagai referensi utama dari penelitian ini, selanjutnya penelaahan dilakukan terhadap bahan pustaka lain yang temuannya akan dijadikan bahan analisis dan kritikan terhadap sumber utama. Sejauh penelitian yang telah penulis lakukan, berdasarkan dari hasil penelitian sanad menunjukkan bahwa dari delapan ḥadīṡ yang diteliti, sebanyak empat ḥadīṡ termasuk kategori ḍa’īf (ḥadīṡ ke-1, 2, 5 dan 6), dan empat yang lainnya termasuk kategori mauḍū (ḥadīṡ ke-3, 4, 7 dan 8). Sedangkan terkait dengan pandangan ulama terhadap kitab Faḍā’il A’māl, penulis menyimpulkan bahwa dari segi dataran teoritis, kitab Faḍā’il A’māl mempunyai pijakan yang kuat karena penulisannya di dasarkan kepada kedua sumber pokok Islam, yaitu al-Qur‟an dan al-Ḥadīṡ. Namun demikian, berdasarkan kenyataan bahwa adanya Ḥadīṡ-ḥadīṡ yang tidak ṣaḥīḥ di dalam kitab tersebut. Menurut penulis dari segi ilmiah memiliki standar yang kurang kredibel untuk dijadikan sumber rujukan utama dan referensi ilmiah dalam karya-karya ilmiah di masa sekarang ini.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Muḥammad Zakariyā al-Kāndahlawī, Faḍā’il A’māl, żikir, takhrīj
Subjek: 2x2 Hadist dan ilmu yang terkait
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Hadits
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 08 Feb 2022 05:17
Perubahan Terakhir: 08 Feb 2022 05:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8122

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.