Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Bhinneka Tunggal Ika Melalui Metode Role Playing Menggunakan Media Puppet (PTK di kelas IV SD Negeri Kadu Tigaraksa)

Maryani, Meli (2022) Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Bhinneka Tunggal Ika Melalui Metode Role Playing Menggunakan Media Puppet (PTK di kelas IV SD Negeri Kadu Tigaraksa). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (255kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (172kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (305kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (429kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (303kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (168kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Meli Maryani. 161240066. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Bhinneka Tunggal Ika Melalui Metode Role Playing Menggunakan Media Puppet (PTK di kelas IV SD Negeri Kadu Tigaraksa). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui penerapan metode role playing menggunakan media puppet yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu untuk 2)mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode role playing menggunakan media puppet pada materi bhinneka tunggal ika siswa kelas IV SDN Kadu Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Latar belakang penelitian ini adalah mengetahui bahwa masih banyak siswa kelas IV SDN Kadu Tigaraksa Kabupaten Tangerang mengalami hasil belajar yang sangat rendah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, Model Kemmis & Taggart yang dilakukan dua siklus yang terdiri empat tahapan yaitu, perencanaa, tindakan, observasi dan refleksi. Tindakan penelitian ini dilakukan II Siklus. Tempat dan subjek penelitian ini adalah kelas IV SDN Kadu Tigaraksa Kabupaten Tangerang, tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 29 siswa yang terdiri atas laki-laki 19 dan perempuan 10.sumber data pokok yang dipakai adalah siswa dan guru.tenik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui metode role playing menggunakan media puppet dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bhinneka Tunggal Ika di kelas IV SD Negeri Kadu Tigaraksa. Hal ini dapat dilihat dari peresentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 45%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89%. Peningkatan antara siklus I dan siklus II mencapai 44%. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa melalui metode role playing menggunakan media puppet dapat mengingkatkan hasil belajar siswa pada materi Bhinneka Tunggal Ika.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hasil Belajar, Metode Role Playing, Media Puppet, PTK
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 02 Feb 2022 08:41
Perubahan Terakhir: 02 Feb 2022 08:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8110

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.