Amalia, Eva (2022) Program Pembinaan Tahfizh Qur’an Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Kerohanian Islam Untuk Mengembangkan Minat Menghafal Al-Qur’an Siswa Di SMPN 5 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Eva Amalia. NIM: 171210065. 2021. Judul Skripsi: Program Pembinaan Tahfizh Qur’an Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Kerohanian Islam Untuk Mengembangkan Minat Menghafal Al-Qur’an Siswa Di SMPN 5 Kota Serang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana deskripsi program pembinaan tahfizh Qur’an dalam kegiatan ekstrakurikuler Rohis, untuk meningkatkan minat menghafal Al-Qur’an siswa dan untuk bengetahui pelaksanaan program pembinaan tahfizh Qur’an dalam meningkatkan minat mengahal Al-Qur’an siswa di SMP Negeri 5 Kota Serang. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pembinaan tahfizh dalam kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam, tidak adanya wadah yang menaungi minat menghafal Al-Qur’an, adanya rasa segan atau malu untuk belajar Al-Qur’an kepada guru dan kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Participatory Action research (PAR). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah semua siswa yang mengikuti program pembinaan tahfizh. Sedangkan informan penelitian ini yakni, Kepala Sekolah, wakasek, guru, pembina ekstrakurikuler Rohis, ketua ekstrakurikuler Rohis dan salah satu siswa yang mengikuti program tahfizh. Teknik analisis data yaitu reduksi, penyajian data, dan verifikasi data. Metode yang digunakan dalam program pembinaan tahfizh yaitu metode Talaqqi dan metode Sima’. Hasil dari penelitian ini adalah Kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam (Rohis) di SMPN 5 Kota Serang dilaksankan satu kali dalam seminggu. Dalam pelaksanaannya kegiatan ektrakurikuler Rohis dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap pembukaan, pelaksanaan, dan penutup. Sedangkan program pembinaan tahfizh dalam kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam mampu memberikan perubahan minat siswa dalam menghafal sehingga program ini berperan penting dalam mengembangkan minat menghafal siswa serta program ini mampu menjadi wadah untuk minat atau bakat siswa yang terpendam. Disamping untuk mengembangkan minat siswa dalam mengahafal Al-Qur’an program ini juga sangat berperan penting bagi tujuan sekolah dan berlangsungnya ekstrakurikuler kerohanian Islam di SMPN 5 Kota Serang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Program Pembinaan Tahfizh dan Minat Menghafal. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 02 Feb 2022 07:42 |
Perubahan Terakhir: | 02 Feb 2022 07:42 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8102 |
Actions (login required)
Lihat Item |